Bolehkah Menolak Tugas Yang Diberikan Atasan? | Qerja

Bolehkah Menolak Tugas Yang Diberikan Atasan?

Qerja, 4 years ago
Bolehkah Menolak Tugas Yang Diberikan Atasan?

Sebagian besar rekan Qerja tentu pernah mendapatkan tugas langsung dari sang atasan. Bagaimana rasanya? Bangga karena dipercayakan untuk mengerjakan sesuatu oleh beliau? Atau malah panik karena berbagai alasan? Dan jika ada hal-hal yang membuat Anda ragu dapat menyelesaikannya dengan baik, bolehkah menolak pekerjaan yang diberikan oleh sang bos?

Sebetulnya jika alasan yang Anda berikan masuk akal dan ditambah atasan Anda sendiri juga individu yang rasional, tentu tidak apa-apa menolak jika Anda menjelaskannya dengan baik terlebih dulu. Walau begitu, jika Anda blak-blakan mengatakan “tidak bisa” dengan alasan seperti tidak punya waktu atau tugas yang diberikan terlalu sulit, Anda berisiko tampak malas atau tidak kompeten atau bahkan keduanya sekaligus. Lagipula, Anda perlu hati-hati karena walaupun atasan akhirnya batal memberi Anda tugas, bisa jadi lain kali Anda akan dilewatkan untuk proyek-proyek menarik.

Pada umumnya, satu-satunya trik ampuh adalah dengan tidak menolak secara eksplisit, yaitu dengan memilih kata-kata yang tepat. Walaupun sering kali ujungnya Anda masih harus menyelesaikan tugas tersebut, setidaknya dengan mempraktikkan beberapa tips di artikel ini, Anda dapat memperoleh keringanan atau alternatif lain yang memudahkan Anda dalam bekerja. Bos senang, Anda pun dapat membuktikan diri sebagai pegawai yang bertanggung jawab.

Lain kali jika Anda berpikir untuk menyerah dan menolak pekerjaan dari atasan, coba pertimbangkan dulu beberapa situasi dan alasan di bawah ini.

1. Anda Tidak Punya Waktu

Kadang kala, atasan tidak tahu seberapa banyak pekerjaan yang Anda emban sehari-hari bila Anda tidak memberitahukan langsung kepada beliau. Jika Anda sendiri sedang tenggelam di dalam tumpukan pekerjaan lain dan benar-benar terlalu sibuk untuk tugas baru, coba buat daftar hal-hal yang sedang Anda kerjakan saat ini dan jelaskan bahwa waktu Anda sedang disita beberapa proyek tersebut. Sebaiknya tanyakan tentang detil pekerjaan yang beliau berikan: besar prioritasnya saat ini dan tenggat waktunya. Diskusikan dengan atasan kira-kira pekerjaan mana yang perlu perhatian Anda saat ini.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next