Kerja di Kafe Lebih Produktif? | Qerja

Kerja di Kafe Lebih Produktif?

Eka Utami, 4 years ago
Kerja di Kafe Lebih Produktif?

Kafe zaman sekarang menyediakan segala kebutuhan untuk bekerja. Anda bisa menemukan stop kontak di bawah setiap kursi untuk mengisi ulang baterai laptop atau handphone. Anda juga bisa mendapat fasilitas wi-fi bagus, yang jaringannya tidak putus-putus. Dan tentu saja, Anda bisa lebih mudah membeli kopi yang membuat tetap terjaga.

Sebagian orang lebih memilih bekerja di kafe setelah selesai meeting di luar kantor. Sementara itu ada juga karyawan kantoran yang sengaja keluar ruangan dan bekerja di kafe. Mengapa? Berikut penjelasan ilmiahnya seperti disarikan dari Telegraph.co.uk.

Kebisingan di kantor mengalihkan konsentrasi

Para peneliti dari Universitas Yamaguchi, Jepang melakukan riset tentang hubungan antara tingkat konsentrasi seseorang dan kebisingan di kantor dan/atau di luar kantor. Peneliti meminta sukarelawan untuk menghitung jumlah beberapa objek yang muncul di layar komputer, tugas yang memerlukan konsentrasi. Mereka juga mendengarkan pembicaraan yang bermakna atau kebisingan acak dengan nada yang berbeda.

Peneliti juga memonitor otak responden. Sebab, mereka ingin melihat  reaksi otak ketika sedang berusaha memproses suara atau mengabaikan gangguan audio.

Hasil penelitian membuktikan bahwa suara bising seperti musik dan diskusi yang bermakna, akan memberikan efek yang kuat. Hal ini bisa membuat subjek —yang tengah melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi— merasa jengkel. Hal ini akan menurunkan performa dalam mengerjakan tugas. Sementara kebisingan yang tidak berarti seperti obrolan dua orang asing tidak terlalu mengganggu.

Penelitian tersebut terkait dengan kondisi kantor terbuka di zaman sekarang. Setiap orang yang sedang bekerja bisa merasa terganggu pada kebisingan yang terjadi di sekitarnya. Tetapi, diskusi yang berhubungan dengan pekerjaan (yang terjadi di kantor) lebih mengalihkan perhatian dibandingkan percakapan dua orang asing yang tidak sengaja terdengar di kafe.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next