Lakukan 4 Langkah Ini Jika Anda Telat Menghadiri Interview

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago
Telat muncul untuk sesi wawancara adalah salah satu kesalahan fatal yang bisa dilakukan seorang kandidat. Walau mungkin keterlambatan Anda bukan kesalahan pribadi, namun hal ini seringnya akan memberi kesan kurang baik di mata interviewer. Di kondisi biasa saja, sepertinya tidak ada yang senang dibiarkan menunggu, apalagi untuk situasi penting seperti wawancara kerja. Jangan khawatir; Telat bukan berarti Anda benar-benar tidak punya harapan lagi. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memperbaiki kesalahan dan tetap menjalani wawancara dengan sukses.

1. Hubungi Interviewer
Poin yang satu ini sangat penting sebagai langkah awal untuk menyelamatkan keseluruhan peluang Anda. Sekecil apapun kemungkinannya, di saat Anda merasa tidak akan bisa tiba di tempat tepat waktu, segera hubungi nomor kontak pewawancara untuk memberi kabar. Bila Anda akan telat lebih dari 15 menit, tanyakan jika Anda dapat memperoleh kesempatan untuk menjadwal ulang wawancara. Tetap saja, Anda juga perlu bersiap-siap jika pewawancara menolak dan membatalkan wawancara Anda.

2. Ambil Waktu Sebelum Masuk Ruangan

Akhirnya Anda tiba juga di lokasi wawancara. Tapi tunggu dulu; jangan langsung masuk ke ruangan. Loh, untuk apa berhenti sebentar? Bukankah Anda harusnya segera masuk saja? Ketika Anda tahu Anda sudah telat, besar kemungkinan Anda tadi tergesa-gesa menuju lokasi sehingga penampilan Anda jadi sedikit kacau atau perasaan Anda tidak karuan karena panik. Gunakan waktu satu atau dua menit untuk merapikan tampilan dan menyemangati diri. Tarik nafas dalam, lepaskan, lakukan beberapa kali, lalu silahkan masuk. Jangan lupa untuk tersenyum, ya!

3. Minta Maaf, Tapi Jangan Berlebihan

Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami