Jangan Salah Pilih Perusahaan: Lima Tanda Bahaya Yang Perlu Diamati Saat Interview

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Bukan pihak HR saja yang perlu teliti mengamati tanda bahaya pada kandidat saat wawancara. Anda si kandidat juga perlu was was dan cermat mengamati perkataan dan bahasa tubuh interviewer, dan bahkan lingkungan di sekeliling Anda saat sesi interview untuk mencari tanda-tanda kalau perusahaan ini mungkin tidak cocok untuk Anda. Lebih baik lupakan saja prospek bekerja untuk perusahaan ini jika Anda menjumpai salah satu atau lebih tanda-tanda di bawah ini.

1. Reaksi Interviewer Saat Ditanya Tentang Perusahaan
Seorang interviewer adalah sumber informasi pertama dan langsung mengenai perusahaan dan jenis tanggung jawab yang akan Anda emban nanti. Jika beliau sendiri tampaknya tidak bisa menjelaskan tentang profil perusahaan atau job description Anda dengan mendetil atau bahkan seakan menyembunyikan sesuatu, Anda perlu bertanya-tanya mengapa perusahaan membiarkan individu ini menyaring kandidat yang masuk.

2. Interviewer Tidak Profesional
Entah dengan bahasa tubuh atau pertanyaan pribadi yang membuat Anda kurang nyaman, Anda mendadak punya perasaan tidak enak mengenai interviewer dan perusahaan tersebut. Jangan mengabaikan suara kecil di benak Anda. Anda sama sekali tidak harus mentolerir tindakan atau perkataan yang melewati garis batas kepantasan karena jika Anda bekerja di perusahaan ini, setiap hari Anda akan bekerja di bawah budaya kerja yang mungkin mengizinkan terjadinya prilaku tidak etis atau bahkan harus menghabiskan waktu berjam-jam dengan personel ini.

3Sesi Wawancara Kurang Ideal
Wawancara yang cepat berakhir memang mungkin membuat Anda yang gugup cukup lega, namun bila terlalu singkat, seakan berisi pertanyaan tidak relevan, dan jawaban-jawaban cemerlang Anda sepertinya tidak didengarkan, wawancara semacam ini sepertinya mencurigakan. Mungkin Anda memang mendapat tawaran kerja pada akhirnya, tapi Anda boleh jadi ragu: apakah sebetulnya mereka benar-benar sedang mencari kandidat yang terbaik atau sekedar pengisi posisi kosong sementara. Bila sepertinya posisi ini memiliki turnover yang tinggi, bersediakah Anda mengambil risiko karier ini?

4. Suasana Kantor Kurang Menarik
Aspek-aspek kecil seperti toilet tampak luar biasa kotor atau gedung kantor tersembunyi dan tampaknya tidak terurus mungkin bukan hal utama yang terlalu Anda perhatikan ketika Anda gugup menanti giliran wawancara. Namun sebelum Anda membuat keputusan, coba minta sedikit waktu untuk ke kamar mandi dan perhatikan detil-detil ini karena nantinya setiap hari Anda harus bekerja di tempat tersebut. Jika Anda tidak keberatan, ya, tidak apa. Jika menurut Anda, kesemuanya itu sedikit banyak merefleksikan kondisi perusahaan, Anda boleh berpikir dua kali sebelum menerima tawaran.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami