Peluang Emas atau Membuang Waktu: Pro dan Kontra Bergabung Dengan MLM | Qerja

Peluang Emas atau Membuang Waktu: Pro dan Kontra Bergabung Dengan MLM

Qerja, 5 years ago
Peluang Emas atau Membuang Waktu: Pro dan Kontra Bergabung Dengan MLM

Pertama-tama, sebetulnya apa perbedaan MLM dengan berbisnis jual beli atau wirausaha? Walau sama-sama menawarkan produk yang tergolong baru dan inovatif, wirausaha umumnya meletakkan fokus pada penciptaan dan penjualan produk, sementara dalam prakteknya, beberapa perusahaan yang beroperasi dalam bentuk MLM menekankan pentingnya proses perekrutan anggota untuk meningkatkan komisi.

Nah, pernahkah Anda dihampiri seorang teman atau anggota keluarga dan diajak bergabung dengan organisasi atau perusahaan berbasis MLM? Anda yang familiar dengan premis ini tentu punya pandangan pribadi tentang MLM. Ada yang menganggapnya sebagai alternatif karier konvensional, ada yang menganggapnya sebagai cara mendapat penghasilan tambahan, dan ada juga yang skeptis, bahkan cenderung menganggapnya sebagai aktivitas yang membuang waktu dan uang.

Jika Anda berpikir untuk bergabung dengan salah satu program MLM, simak dulu beberapa pro dan kontranya di bawah ini dan jadikanlah sebagai pertimbangan sebelum memberikan komitmen Anda.


1. Memberi Pemasukan Tambahan

Untuk Anda yang mencari peluang menambah penghasilan, MLM mungkin adalah salah satu solusi yang tepat. Jika legal dan prosesnya yang relatif simpel, tidak tertutupi juga kemungkinan bahwa MLM dapat menjadi sumber pemasukan utama yang mencukupi kebutuhan finansial Anda.

2. Waktu dan Tempat Kerja Fleksibel
Anda bisa menjadikannya kegiatan paruh waktu dan melakukannya di mana saja, tidak hanya di lingkungan formal seperti pekerjaan kantoran. Poin ini menjadikan MLM sebagai pilihan yang populer terutama di kalangan siswa yang belum mencapai usia legal bekerja dan para ibu rumah tangga.

3. Kesempatan Networking
Umumnya sebelum resmi menjadi seorang agen, Anda akan diberikan bimbingan dan dukungan dari anggota lain yang lebih senior sebagai support team. Tidak jarang juga perusahaan mengadakan event yang mengumpulkan anggota dari segala penjuru daerah untuk bertemu dan berbagi cerita sukses. Edukasi terhadap visi dan misi yang jelas merupakan bagian dari training, jadi nantinya Anda akan bergabung dengan individu-individu yang memiliki pola pikir dan determinasi serupa.

4. Melatih Disiplin dan Optimisme
Karena penghasilan Anda sebagai anggota MLM hampir sepenuhnya tergantung pada hasil penjualan produk dan komisi dari perekrutan anggota, semakin aktif Anda melakukan penjualan dan perekrutan, tentu Anda akan terus maju. Karena itu, di awal, Anda juga perlu giat menjalankan dan memberi target untuk diri sendiri bila belum ditentukan oleh pihak perusahaan. Selain itu, ada kemungkinan Anda akan sering menjumpai penolakan. Jika Anda senantiasa positif, pengalaman di sektor ini dapat Anda jadikan pelajaran.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next