Siapkan Diri Anda untuk Kerja Empat Hari Seminggu | Qerja

Siapkan Diri Anda untuk Kerja Empat Hari Seminggu

Steffi Teowira, 3 years ago
Siapkan Diri Anda untuk Kerja Empat Hari Seminggu

Sebagai pegawai pada umumnya, Anda pasti kenal betul dengan jadwal ini: Senin hingga Jumat atau Sabtu bekerja keras sampai sore hari, lalu menjelang malam, pulang untuk bersantai atau menjemput akhir pekan. Tentu Anda berharap bisa punya waktu lebih untuk memanjakan diri dan keluarga, tapi apa daya, jatah istirahat hanya segitu.

Selama ini Anda mungkin menerima saja pemikiran bahwa lima atau enam hari kerja adalah periode kerja normal yang paling efisien. Nah, saat ini dunia kerja sedang terlibat pembicaraan hangat mengenai revolusi waktu kerja yang mungkin akan mengubah persepsi Anda.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Italia dikabarkan oleh harian Independent berminat melakukan percobaan terhadap pengurangan hari kerja menjadi empat hari seminggu untuk mengecilkan angka pengangguran. Konsep hari kerja singkat ini dipercaya akan mengangkat produktivitas dan membuka peluang kerja baru.

Konsep kerja empat hari seminggu bukan baru-baru ini muncul. Penelitian terhadap efeknya sudah ada dari tahun 1989 dengan beberapa uji coba langsung di dekade sebelumnya. Sejumlah perusahaan besar seperti Amazon, Google, Deloitte, dan perusahaan lain dilaporkan oleh CNN juga telah mulai melakukan percobaan terhadap konsep kerja empat hari seminggu dari tahun 2016 lalu.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next