Delapan Tanda Wawancara Anda Akan Berujung Tawaran Kerja | Qerja

Delapan Tanda Wawancara Anda Akan Berujung Tawaran Kerja

Qerja, 4 years ago
Delapan Tanda Wawancara Anda Akan Berujung Tawaran Kerja

Setelah interview kerja, biasanya Anda dipersilakan pulang dan perusahaan berjanji akan mengontak Anda kembali. Dalam periode menunggu itu, Anda pasti berdebar saat memikirkan apa akan dipanggil kembali atau tidak. Padahal sebenarnya sih saat interview kerja, Anda sudah bisa meramalkan apakah Anda diterima atau tidak. Misalnya saja dengan melihat delapan isyarat di bawah ini:
1. Ditanya Kapan Bisa Mulai Bekerja

Setelah interview menjelang akhir, pihak perusahaan akan bertanya kapan Anda bisa mulai bekerja. Pertanyaan ini merupakan tanda-tanda kalau Anda kemungkinan besar diterima di tempat tersebut.
2. Mulai Bernegosiasi Soal Gaji

 

Isyarat selanjutnya adalah saat interview pihak perusahaan mendiskusikan gaji . Pertanyaannya bukan sekadar “Berapa gaji yang Anda harapkan?” atau “Sebelumnya berapa gaji yang Anda dapatkan?” Jika perusahaan itu tertarik pada Anda, mereka akan lanjut ke tahap negosiasi gaji baik untuk melobi Anda agar mau menurunkan standar gaji yang Anda minta, atau memenuhi apa yang Anda inginkan.
3. Meminta Anda Mengikuti Tes Selanjutnya

Tahapan dalam sebuah rekrutmen berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Jadi jangan heran bila terkadang ada beberapa tes yang harus Anda ikuti, selain interview dengan pihak HRD dan user. Jadi kalau Anda diminta ikut tes selanjutnya, maka kemungkinan besar Anda sudah lulus tahap interview.
4. Interview Lebih dari 30 menit

Rata-rata interview kerja memakan waktu setidaknya 20 menit. Nah, kalau ternyata pihak perusahaan mewawancarai Anda hingga lebih dari setengah jam berarti mereka tertarik pada Anda dan ingin tahu tentang Anda lebih dari sekadar informasi di resume. Anda bisa meyakinkan diri bahwa Anda berkemungkinan mendapatkan pekerjaan tersebut.
5. Memperkenalkan Dengan Tim Kerja

Seandainya seusai wawancara Anda dibawa untuk diperkenalkan dengan calon rekan kerja Anda sedivisi, bisa jadi Anda sudah mendapatkan pekerjaan tersebut. Meskipun perkenalan terkesan singkat, namun ini menunjukkan bahwa  perusahaan sudah menerima Anda dan siap mendapatkan kontribusi dari Anda.
6. Menjelaskan Tentang Sistem Kerja dan Hak Anda

Anda boleh merasa lega saat di sela wawancara pihak perusahaan banyak memberikan informasi tentang cara kerja, dan apa-apa saja yang akan Anda dapatkan jika diterima.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next