Enam Tips Memberi Kritik Tanpa Menyinggung Perasaan

Oleh Steffi Teowira, 5 years ago

Tidak ada orang yang berharap hasil kerja keras mereka menuai kritik negatif, dan di sisi lain, tidak semua orang juga gemar mengkritik. Mungkin Anda adalah salah satu individu yang lebih memilih diam saja daripada harus menghadapi kolega atau bawahan. Namun untuk kepentingan tim, memberi feedback dan kritik kadang memang dibutuhkan. Agar kritik Anda tersampaikan dengan efektif tanpa menyinggung perasaan, coba enam tips di bawah ini.

1. Sampaikan Langsung ke Pihak Bersangkutan
Satu peraturan universal mengenai kritik: Berikan secara pribadi, empat mata. Tidak perlu melakukannya di hadapan banyak orang hanya untuk "memberi contoh". Anda mungkin berniat mengurangi rasa canggung jika langsung bertemu muka, namun lebih baik Anda pun jangan menyampaikan kritik melalui email atau IM, karena pesan Anda nantinya mudah disalahartikan.

2. Memberi Kritik Hanya di Saat Dibutuhkan
Jangan menumpuk semua kritik untuk disampaikan langsung dalam waktu yang sama. Saat paling tepat untuk menyampaikan pandangan Anda adalah segera setelah permasalahan muncul. Jika Anda membawa-bawa semua kesalahan di masa lalu, yang ada subjek kritik tersebut malah akan menganggapnya sebagai serangan terhadap kemampuan kerjanya secara keseluruhan.

3. Menanyakan Pandangan Mereka

Sebelum Anda menyampaikan kritik Anda, tanyakan apa pendapat mereka sendiri mengenai perkara tersebut dan alasan mereka melakukannya. Cobalah untuk menangkap intensi dan perspektif mereka serta tidak langsung membentuk opini. Dengan memahami lebih dalam pola pikir yang membawa mereka mengambil keputusan tersebut, Anda akan bisa memberi kritik dan saran yang lebih tepat sasaran.

4. Selipkan Aspek Positif


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami