Beri Kesan Positif Selama 1 Bulan Anda Menunggu Resign Dari Pekerjaan Anda | Qerja

Beri Kesan Positif Selama 1 Bulan Anda Menunggu Resign Dari Pekerjaan Anda

Qerja, 4 years ago
Beri Kesan Positif Selama 1 Bulan Anda Menunggu Resign Dari Pekerjaan Anda

Anda sudah mempertimbangkan tanda-tanda bahwa sudah saatnya untuk berpindah kerja dan apakah perlu keluar sekarang atau tidak secara matang, kini tiba waktunya Anda mengucapkan sampai jumpa, selamat tinggal, goodbye, au revoir, sayonara kepada perusahaan lama Anda. Anda tentu tidak ingin dikenal sebagai “Si itu yang keluar” dan nama Anda disebut dengan nada kesal oleh kolega lama Anda di kemudian hari; hal ini dapat mengancam peluang networking dan menjauhkan kesempatan di masa depan. Baca tips kami untuk mempermudah proses mengundurkan diri Anda.

1. Jangan Impulsif

Maaf, hidup Anda tidak disutradarai oleh Michael Bay dan Anda bukan Arnold Schwarzenegger, jadi lupakan rencana Anda untuk mengundurkan diri dengan dramatis—ya, termasuk ledakan dan hasta la vista.

Tips kesan baik saat resign keluar dari pekerjaan Jadwalkan percakapan empat mata dengan atasan di waktu yang tepat dan hindari menyampaikan rencana Anda untuk undur diri melalui email. Sebelumnya, ada baiknya Anda telah punya rencana lain setelah keluar untuk berjaga-jaga seandainya Anda diminta untuk segera meninggalkan tempat kerja Anda.

2. Beri Sedikit Waktu

Tips kesan baik saat resign keluar dari pekerjaan

Perusahaan umumnya menerapkan kebijakan yang mengharuskan pegawai menyampaikan notice satu sampai dua bulan sebelum mundur dari jabatan. Anda bisa mempertimbangkan memberi notice lebih awal dengan jangka waktu yang mungkin berbanding lurus dengan besarnya tanggung jawab Anda di tempat kerja. Waktu ekstra ini akan dihargai atasan Anda karena dapat digunakan untuk mencari dan melatih pengganti Anda. Omong-omong soal pengganti…

3. Bereskan yang Perlu Anda Bereskan

Tips kesan baik saat resign keluar dari pekerjaan

Jangan meninggalkan setumpuk pekerjaan setengah jadi dengan mindset “Ah, sudah mau keluar, kok.” Meskipun mungkin ini adalah bentuk ‘balas dendam’ Anda, yang terkena getahnya adalah pengganti Anda yang notabene innocent. Anda adalah individu yang profesional dan bertanggung jawab, jadi tinggalkanlah kesan yang serupa. Di samping itu, kumpulkan semua dokumen yang Anda butuhkan seperti portfolio atau pertinggal berupa email exchange dan kirimkan ke account pribadi Anda, karena Anda akan kehilangan akses begitu Anda berhenti menjadi pegawai di perusahaan Anda.

4. Be the Better Person

Tips kesan baik saat resign keluar dari pekerjaan

Perpisahan tidak pernah menyenangkan. Namun begitu, walaupun reaksi atasan dan kolega terhadap pengunduran diri Anda di hari-hari terakhir membuat Anda tidak nyaman, jangan tersulut emosi dan terpancing untuk membalas. Nah, disini Anda boleh menerapkan mindset “Ah, sudah mau keluar, kok.” Hindari konfrontasi tidak perlu yang ujung-ujungnya hanya mencemarkan reputasi Anda. Saat melakukan exit interview, if you have nothing good to say, cukup berikan komentar netral dan Anda tidak berkewajiban memberi terlalu banyak detail tentang rencana Anda selanjutnya.

 

Jangan biarkan countdown menuju hari terakhir Anda malah menjadi detik-detik bom waktu. Fokus pada lembaran selanjutnya di tangga karir Anda dan sementara itu, tetaplah memberikan kontribusi untuk perusahaan Anda.

Anda punya pengalaman menarik tentang resigningWe’d love to hear all about it, so share with us below!



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next