Belajar dari Debat Cagub: Kehabisan Waktu Saat Presentasi | Qerja

Belajar dari Debat Cagub: Kehabisan Waktu Saat Presentasi

Eka Utami, 3 years ago
Belajar dari Debat Cagub: Kehabisan Waktu Saat Presentasi

Kesalahan yang umum dilakukan oleh orang yang menyampaikan presentasi adalah menggunakan waktu lebih dari yang seharusnya.

Kita bisa mengambil pelajaran dari debat Cagub dan Cawagub DKI Jakarta putaran kedua kemarin. Kita seringkali melihat moderator Tina Talisa memotong pembicaraan para calon gubernur atau wakil gubernur. Salah satu kejadian yang paling mencolok adalah ketika cawagub Sylviana Murni terlalu lama memaparkan penjelasan tentang Rancangan Tata Ruang Wilayah. Akhirnya, Sylvi tidak sempat mengungkapkan pertanyaan pada pasangan calon nomor urut tiga.

Sementara itu, Cagub nomor urut tiga Anies Baswedan belum memahami pertanyaan yang akan disampaikan Sylviana. Sehingga dia maju, mendekat untuk menanyakannya langsung. Sylviana masih terus berbicara meski moderator sudah mengingatkan kalau waktu habis. Kemudian, moderator sampai mendekati pasangan calon untuk memisahkan mereka.

Anda bisa belajar dari kejadian tersebut. Perhitungkan waktu yang diberikan untuk presentasi. Anda mesti menyadari bahwa waktu yang dimiliki oleh hadirin sangat berharga. Bisa jadi, yang hadir dalam presentasi adalah seorang direktur perusahaan yang sangat sibuk. Jika Anda molor dari waktu yang ditentukan, maka hal itu akan sangat mengganggu. Berikut cara mengatasi kehabisan waktu saat presentasi seperti disarikan dari Magneticspeaking.com.

Pencegahan

Anda harus banyak berlatih pidato sebelum melakukan presentasi. Saat berlatih, Anda bisa mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk berbicara. Jika presentasi terlalu panjang, Anda bisa mengurangi beberapa kalimat. Kalau pemotongan sejumlah kalimat membuat Anda bisa selesai lebih cepat, maka lakukan saja. Dengan begitu, Anda bisa punya waktu lebih banyak untuk sesi tanya jawab. Ingatlah bahwa Anda telah meminjam waktu dari orang penting yang akan duduk di hadapan Anda. Jangan sampai Anda menyalahgunakan kepercayaan mereka.

Hal yang harus diperhatikan:



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next