Ingin CV Anda Diperhatikan? Coba Empat Trik Memoles CV Ini | Qerja

Ingin CV Anda Diperhatikan? Coba Empat Trik Memoles CV Ini

Qerja, 3 years ago
Ingin CV Anda Diperhatikan? Coba Empat Trik Memoles CV Ini

Menurut Anda, dalam sehari seorang staf HR atau recruiter akan menerima berapa lembar CV? Akankah CV Anda menarik perhatian mereka? Kami yakin CV Anda isinya bagus, namun kami punya beberapa tips untuk membuatnya jadi lebih cemerlang. Hal-hal simpel dan detail kecil di artikel ini akan membantu merubah persepsi dan membuat recruiter tertarik untuk membaca CV Anda dengan lebih cermat. Bukan tidak mungkin Anda nantinya punya kesempatan lebih besar untuk dipanggil menghadiri wawancara. Tunggu apa lagi? Ayo dicoba!

1. Manfaatkan Kekuatan Angka
CV konvensional umumnya berbentuk baris demi baris deskripsi dalam bentuk kata-kata. Jika ingin CV Anda menonjol dari tumpukan CV lain. coba tunjukkan jenis tanggung jawab dan keberhasilan Anda dalam bentuk angka dan hard data secara spesifik. Selain berbeda, angka juga memberi kredibilitas ekstra pada CV Anda. Daripada hanya menulis “Manajer” di kolom pengalaman kerja, coba tambahkan data numerik seperti jumlah bawahan Anda, nilai valuasi perusahaan yang meningkat, atau nominal proyek yang Anda tangani.

2. Gunakan Kata Kunci
Sering kali apa yang dicari perusahaan tidak sebatas keahlian dan pengalaman kerja yang wah, namun juga kecocokan dengan budaya kerja perusahaan. Untuk mendapat poin positif di aspek ini, ambil petunjuk dari website resmi perusahaan dan deskripsi di lowongan kerja. Misalnya, jika perusahaan yang memiliki misi “menomorsatukan klien” sedang mencari kandidat yang “energik”, pastikan kata-kata tersebut muncul di CV Anda. Semakin banyak kata kunci relevan yang muncul, akan semakin besar pula kemungkinan CV Anda akan menarik perhatian recruiter.

3. Amplifikasi Prestasi Anda
Ayo bernostalgia dan mengingat kembali semua perlombaan yang pernah Anda ikuti dan penghargaan yang pernah Anda peroleh. Sekecil apapun lomba yang Anda ikuti, cantumkan saja untuk memberi kesan bahwa Anda adalah kandidat yang kompetitif dengan minat beragam. Psst… Anda tidak perlu kolom prestasi yang terisi penuh di CV untuk memukau pihak HR. Kuncinya adalah dengan menunjukkan seberapa besar. Misalnya, alih-alih hanya menulis “Juara satu lomba debat”, tambahkan detail seperti “Juara satu lomba debat di perlombaan dengan 100 orang peserta”. Tampaknya lebih impresif, bukan?

4. Selipkan Nama Institusi Ternama
Suka atau tidak, di dunia bisnis, reputasi dan prestise pada latar belakang kandidat adalah dua hal yang diutamakan saat proses perekrutan. Asosiasikan diri Anda dengan nama-nama besar yang pernah berkolaborasi dengan tempat kerja Anda dulu, bahkan jika sebetulnya Anda pribadi tidak pernah bekerja langsung dengan mereka. Mungkin perusahaan Anda pernah mendapat pendanaan dari venture capital ternama atau diliput media nasional. Mungkin perusahaan Anda pernah menjadi partner universitas ternama untuk sebuah event. Semua ini bisa Anda cantumkan untuk membuat CV Anda tampak lebih menarik di mata pihak HR.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next