Sifat Yang Bisa Anda Praktekkan di Tempat Kerja | Qerja

4 Sifat Sun Go Kong Yang Bisa Anda Praktekkan Untuk Sukses di Tempat Kerja

Qerja, 4 years ago
4 Sifat Sun Go Kong Yang Bisa Anda Praktekkan Untuk Sukses di Tempat Kerja

Anda pasti familiar dengan sosok monyet yang tidak hanya berpengaruh besar dalam mitologi dan literatur China, namun juga budaya populer ini. Film Bagi kebanyakan orang yang tumbuh besar di akhir tahun 90an, Sun Go Kong adalah sumber hiburan utama sehari-hari. Anda bahkan mungkin masih hafal betul lirik soundtrack-nya yang catchy itu.

Interpretasi umum tentang Sun Go Kong seringkali berkonotasi negatif dan menggunakan kata-kata seperti “arogan”, “nakal”, “liar”, dan beberapa kata sifat sejenis. Walau begitu, ada sejumlah sifatnya yang bisa Anda teladani dan praktekkan di tempat kerja. Memasuki tahun Monyet dalam kalender China, mungkin ini saat yang tepat untuk melirik tokoh monyet terkenal ini sebagai inspirasi.

1. Mengerti Bahwa Kesuksesan Adalah Proses
Anda sendiri menyaksikan bagaimana Sun Go Kong kecil setiap hari belajar di kelas dan berlatih, menjalani bertahun-tahun didikan di bawah guru pembimbingnya hingga menjadi salah satu murid terbaik yang menguasai berbagai jurus dan keahlian, salah satunya ilmu perubahannya yang terkenal. Apa yang Anda lakukan dan pelajari hari ini adalah tabungan untuk hari esok. Jangan merasa putus asa jika perjalanan menuju mastery terasa jauh. Bahkan seekor monyet ajaib juga tidak serta merta menjadi hebat dalam sehari.

2. Menjadi Lebih Kuat di Tengah Kesulitan
Apakah Anda masih ingat episode di mana Sun Go Kong dikurung dalam sebuah tungku yang dibakar dengan api terpanas karena melakukan kekacauan di surga. Alih-alih musnah, setelah 49 hari, ia malah memperoleh kekuatan baru berupa mata berapi yang dapat melihat makhluk jahat dalam bentuk apa pun. Ingatlah hal ini ketika Anda menghadapi satu tantangan yang rasanya luar biasa berat. Bos Anda galak? Pekerjaan Anda sulit? Percayalah kalau tidak ada tantangan yang sia-sia.

3. Paham Pentingnya Kerja Tim
Sebagai pemimpin para kera, Sun Go Kong memang punya sekumpulan jurus dan keahlian yang membuatnya ditakuti dan dikagumi banyak makhluk, tapi apakah Sun Go Kong sendiri dapat menyelesaikan perjalanan mengambil kitab suci ke barat? Tanpa kedisiplinan dan kesabaran yang diajarkan Biksu Tang dan bantuan dari rekan seperjalanannya, Sun Go Kong sendiri mungkin akan mudah teralihkan perhatiannya atau gagal karena terlalu sering menganggap remeh situasi berbahaya. Kenali saat Anda perlu menjadi individu yang bersinar dan saat Anda butuh kolaborasi dari individu-individu lainnya untuk mencapai kesuksesan bersama.

4. Selalu Optimis dan Semangat
Kepercayaan diri Go Kong yang tinggi membuatnya selalu yakin ia akan menang melawan apapun yang ditemui, baik itu siluman maupun rombongan dewa. Arogan? Mungkin. Efektif? Tentu saja. Bawa can do attitude ini ke segala aspek pekerjaan yang Anda tangani.  Pikiran dan jiwa yang siap perang adalah bagian pertama dan utama dari persiapan Anda, entah itu presentasi untuk klien atau pekerjaan baru. Jika belum apa-apa Anda sudah ragu terlebih dulu, efeknya adalah keengganan untuk go all out karena keburu bersiap untuk kalah.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next