Tips Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja Introvert | Qerja

Empat Tips Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja Untuk Anda Yang Introvert

Qerja, 4 years ago
Empat Tips Bersosialisasi Dengan Rekan Kerja Untuk Anda Yang Introvert

Apakah Anda sering merasa penat jika terlalu lama berada di sebuah acara ramai atau setelah lama berbincang-bincang dengan banyak orang? Kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert.

Satu hal yang perlu diketahui tentang introvert adalah mereka bukan individu anti sosial dan pendiam, namun lebih selektif dalam berinteraksi. Mereka cenderung merasa lebih energik jika menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri atau sekumpulan kecil orang-orang terdekat.

Nah, dilema kadang muncul ketika Anda yang introvert terjun ke dunia kerja dan bahkan tidak terbatas hanya di pekerjaan yang mewajibkan Anda sering bersosialisasi dan bertemu orang baru. Seringkali bersosialisasi di tempat kerja menjadi bagian dari pekerjaan dan basis untuk mendaki tangga karier. Anda tentu pernah mendengar ucapan “It’s not what you know, but who you know“, bukan?

Sosialisasi dan menebar jaring network dengan kolega terlebih penting jika Anda punya rencana untuk menaiki jenjang karier menuju posisi manajemen. Besar kemungkinan jalan Anda untuk menduduki posisi manajer akan terhalang karena Anda dianggap tidak cukup kompeten di bidang hubungan interpersonal.

Jangan lantas kecil hati dan menutup mimpi Anda; coba ikuti empat tips bersosialisasi dengan rekan kerja untuk Anda yang introvert ini.

1. Sekali-Kali Mengiyakan Ajakan
Kami mengerti kalau kadang Anda enggan menerima ajakan keluar, namun sekali, dua kali tidak ada salahnya sedikit memaksakan diri untuk keluar dari zona nyaman Anda. Setiap hubungan dimulai dari mengiyakan sebuah ajakan, bukan?

2. Setor Muka
Jika Anda diundang untuk menghadiri acara, hadiri saja sesuai rencana dan jangan lupa untuk bercakap-cakap dengan rekan kerja. Bila nanti Anda merasa ingin pulang sedikit lebih cepat, silahkan pamit dengan sopan. Absennya Anda akan jauh lebih memberi kesan kurang enak dibanding kehadiran yang singkat.

3. Mulai Dari Hal Kecil
Jangan terlalu memusingkan perkara berteman di tempat kerja. Toh tujuan utama Anda bukan untuk menjadi sosok populer di kantor, namun menjalin hubungan baik. Karena itu, santai saja: buat goal kecil seperti tersenyum dan menyapa kolega saat tiba dan pulang kerja atau mengajak satu kolega makan siang bersama, lalu jadikan kebiasaan dan perlahan-lahan perbesar lingkar sosial Anda.

4. Manfaatkan Teman Anda
Manfaatkan di sini berarti coba menjalin pertemanan dengan setidaknya satu orang yang cenderung lebih ceriwis dan ekstrovert. Mereka bisa menjadi ‘tiket’ untuk memudahkan Anda bersosialisasi dengan lingkaran yang lebih besar lagi. Di acara-acara tertentu, Anda juga bisa menjadikan teman Anda sebagai zona nyaman kecil atau membantu satu sama lain dengan saling memperkenalkan kepada kenalan baru.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next