14 Perusahaan Besar di Amerika Didirikan oleh Imigran | Qerja

14 Perusahaan Besar di Amerika Didirikan oleh Imigran

Eka Utami, 2 years ago
14 Perusahaan Besar di Amerika Didirikan oleh Imigran

Amerika dikenal sebagai tanah kesempatan. Orang-orang datang ke Negeri Paman Sam untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan. Upaya mewujudkan mimpi akhirnya tertanam kuat di diri orang Amerika dan menjadi etos nasional.

Warga Negara Amerika Serikat mesti berterima kasih pada para imigran. Mereka telah membuat situs pencari yang bagus, yoghurt yang lezat hingga mobil ramah lingkungan yang berguna untuk kehidupan. Namun kebijakan Presiden Donald Trump menjadi sorotan karena membatasi masuknya imigran ke Amerika Serikat.

Faktanya 40 persen dari 500 perusahaan versi Fortune didirikan oleh imigran atau keturunan para imigran. Situs Kamar Dagang Amerika mengungkapkan data 14 perusahaan besar di Amerika yang dibangun dan dibesarkan oleh orang yang lahir di luar Amerika Serikat. Berikut nama-nama perusahaan tersebut seperti dikutip dari Businessinsider.co.id.

Google

Sergey Brin pindah dari Rusia ke Amerika Serikat pada saat masih berusia 6 tahun. Menurut Forbes.com, saat itu, keluarga Brin menghindari kebangkitan anti-Semitisme yang berkembang di Rusia. Brin bertemu dengan Larry Page di Universitas Stanford dan mendirikan Google pada 1998. Brin memangku jabatan sebagai Co-Founder of technology company Google Inc.

Tesla

Elon Musk lahir di Afrika Selatan. Dia berimigrasi ke Kanada pada usia 17 tahun. Setelah itu, Musk pindah ke Amerika Serikat. Dia mencoba peruntungan pertamanya dengan menjadi co-founder Paypal. Tapi Musk punya mimpi yang lebih besar. Menurut Forbes.com, dia mencoba mendefinisikan kembali transportasi di bumi dan luar angkasa. Melalui Tesla Motors, dia ingin kendaraan listrik bisa diproduksi secara massal dan mengirim orang ke planet lain.

Yahoo

Jerry Yang datang dari Taiwan ke Amerika Serikat pada saat berusia 10 tahun. Dia tiba di Negeri Paman Sam bersama sang ibu. Dia dan David Filo mendirikan Yahoo pada 1995. Forbes.com mencatat bahwa Yang sempat menjadi CEO Yahoo tapi mengundurkan diri dari kursi kepemimpinan pada 2009.

Panda Express

Menurut catatan Forbes.com, pendiri jaringan restoran China Panda Express Andrew Cherng datang dari China untuk berkuliah di Baker University, Kansas. Setelah memegang gelar master di bidang matematika, Andrew dan ayahnya memulai bisnis restoran pada 1973. Saat itu, istri Andrew, Peggy Cherng yang berasal dari Myanmar masih bekerja di 3M and McDonnell Douglas. Peggy baru terlibat dengan usaha Andrew pada 1982. Mereka akhirnya meluncurkan Panda Express setahun kemudian di Los Angeles.

Kraft

Perusahaan makanan dan minuman ini didirikan oleh James L. Kraft pada 1903. Kraft adalah usahawan asal Kanada. Perusahaan yang berpusat di Northfield, Illinois tersebut, kini telah menjadi besar dan bisa mempekerjakan 22 ribu pegawai.

Zumba

Pendiri Zumba Fitness, Alberto Perez awalnya seorang instruktur fitness di Cali, Kolombia. Dia mengajar di kelas aerobik dengan menggunakan musik salsa dan meringue. Sehingga gerakannya seperti olahraga sambil menari. Pada saat pindah ke Miami di tahun 1999, Perez terus mengajarkan “tarian” tersebut. Menurut situs Mensfitness.com, hasil karya Perez menarik perhatian pengusaha lokal Alberto Perlman dan Alberto Agihion. Mereka bertiga lalu menamai “tarian” tersebut dengan sebutan Zumba. Mereka membuka kelas khusus zumba dan DVD berisi instruksi gerakan dan lagu untuk zumba.

Capital One

Pebisnis asal Inggris, Nigel Morris mendirikan Capital Ones Financial Services pada 1994. Qedinvestors.com mencatat Capital One adalah pionir dalam perubahan industri pinjaman konsumen. Mereka mengubah teknik pemasaran dengan teknologi terbaru sehingga mengurangi biaya yang harus ditanggung peminjam.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next