Enam Alasan Anda Perlu Menerima Tawaran Kerja Dengan Gaji Rendah | Qerja

Enam Alasan Anda Perlu Menerima Tawaran Kerja Dengan Gaji Rendah

Qerja, 3 years ago
Enam Alasan Anda Perlu Menerima Tawaran Kerja Dengan Gaji Rendah

Ketika mempertimbangkan sebuah tawaran kerja, seberapa pentingkah nominal gaji bagi Anda? Bagi beberapa individu, uang memang bukan segalanya, namun sulit dipungkiri bahwa kompensasi moneter yang menarik adalah salah satu alasan utama yang mendorong pergerakan karier seseorang. Jujur saja, jika nilai gaji ternyata lebih rendah dari yang diharapkan, mungkin daya tarik tawaran kerja tersebut menjadi agak berkurang. Walau begitu, jangan terlebih dulu menolaknya, karena bisa saja tawaran kerja yang satu ini akan melontarkan Anda ke jenjang karier selanjutnya. Apa lagi alasan Anda perlu menerimanya?

1. Ada Tambahan Lain
Gaji memang bukan segalanya, tapi bukan berarti Anda terpaksa merombak gaya hidup untuk mengakomodasi angka gaji bulanan yang tidak seberapa. Jika perusahaan baru menawarkan beragam kompensasi dalam bentuk seperti bonus tahunan, bonus performa, opsi saham, asuransi, dan lainnya, kenapa tidak mencobanya? Psst… tidak sedikit perusahaan yang nilai bonus tahunannya beberapa kali lipat nilai gaji bulanan, bahkan tahunan. Pintar-pintar Anda saja saat melakukan riset!

2. Anda Punya Prioritas Berbeda
Dilihat sepintas, menerima tawaran kerja baru dengan gaji rendah memang membuat Anda tampak seperti mengalami kemunduran dari segi perkembangan karier. Walau begitu, tidak semua orang menomorsatukan karier dalam hidupnya dan mungkin Anda menganut prinsip serupa. Jika Anda menginginkan fleksibilitas untuk menikmati hidup atau lingkungan kerja lebih menyenangkan, nilai gaji yang tidak terlalu tinggi seharusnya tidak perlu terlalu mempengaruhi keputusan Anda.

3. Anda Mendapat Peningkatan di Segi Titel
Pada perpindahan karier Anda nanti, posisi Anda mendapat peningkatan yang lebih impresif, misalnya dari ‘junior’ ke ‘senior, tapi tanpa diikuti kenaikan gaji. Tidak apa-apa! Anda bisa menegosiasikan kenaikan gaji di sesi performance review atau kelak ketika Anda melamar di perusahaan lain.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next