Pegawai yang Datang Lebih Pagi Lebih Disayang Bos | Qerja

Pegawai yang Datang Lebih Pagi Lebih Disayang Bos

Eka Utami, 3 years ago
Pegawai yang Datang Lebih Pagi Lebih Disayang Bos

Pepatah lama mengatakan, Anda harus bangun pagi supaya rezeki tidak dipatuk ayam. Begitu juga dengan pergi bekerja. Datang ke kantor lebih pagi memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Kemacetan belum memuncak dan Anda juga bisa menikmati sarapan dengan lebih santai. Selain itu, ternyata penelitian menunjukkan bahwa datang lebih pagi bisa membuat bos lebih terkesan.

Penilaian bias terhadap pegawai yang datang di pagi hari

Businessinsider.in mengutip hasil penelitian dari Universitas Washington yang menunjukkan bahwa manajer lebih menghargai pegawai yang datang lebih pagi. Karyawan yang datang awal mendapat nilai performa kerja lebih baik dibandingkan staf yang datang siang, pulang lebih lambat dari biasanya dan tetap melakukan pekerjaan selama delapan jam.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 149 pasang supervisor dan pegawai. Peneliti mengumpulkan data waktu kedatangan karyawan di kantor. Selain itu, peneliti juga menanyakan kecenderungan supervisor: apakah Anda lebih suka bekerja di pagi hari atau malam hari? Para manajer kemudian diminta menilai stafnya dari sisi kesadaran dan performa kerja. Manajer juga menghitung lama jam kerja para karyawan.

Para pimpinan mendapati bahwa pegawai yang memulai pekerjaan lebih awal bisa lebih teliti dibandingkan karyawan yang selalu datang siang. Manajer yang suka bekerja di pagi hari juga menjadi bias saat menilai pegawai. Atasan yang datang lebih pagi pasti menyukai staf yang datang awal.  Sementara itu, pegawai yang datang lebih siang mendapat nilai yang rendah meskipun mereka pulang terlambat dan tetap melakukan pekerjaan selama delapan jam. Bahkan, supervisor yang lebih suka bekerja di malam hari sekalipun memberi nilai positif pada pegawai yang selalu datang pagi.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next