Tanyakan Ini Sebelum Menerima Promosi Jabatan

Oleh Hesti Pratiwi, 5 years ago
Promosi atau kenaikan jabatan, apa pun Anda menyebutnya sering disertai dengan kenaikan gaji, serta kewenangan lebih untuk membuat keputusan. Belum lagi perasaan bahwa seluruh kerja keras Anda selama ini terbayar. Siapa yang tidak bahagia?

Kenyataan, semua fasilitas mengesankan yang akan diraih tidak selalu berbanding lurus dengan kepuasan kerja. Ternyata tidak semua orang merasa cocok berada dalam jajaran level manajemen. Promosi bukanlah satu-satunya solusi untuk kemajuan karier. Jangan hanya menerima pekerjaan dengan alasan memperoleh uang lebih banyak, atau titel yang terdengar bergengsi.

Orang mengalami fase yang berbeda dalam karier mereka. Jika Anda tipe orang yang senang bekerja dengan tingkat stres rendah, atau menyukai fleksibilitas, tekanan dari promosi mungkin tidak akan cocok bagi Anda. Jadi bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda akan cocok, dan senang menjadi seorang manajer atau justru malah merana? Sebagai permulaan, tanyakan pertanyaan berikut:

Tanyakan tentang peran, tanggung jawab, serta sejauh mana kewenangan Anda dalam mengambil keputusan

Sebagai manajer, Anda bisa mendapatkan kewenangan untuk mengelola orang atau proses. Misalnya saja, Anda bertahun-tahun menjadi seorang desainer grafis, dan sangat mencintai pekerjaan Anda. Kenaikan promosi akan menempatkan Anda kepada kesibukan baru, yakni lebih sering menghadiri meeting, dan pitching klien. Apakah ini akan berpengaruh kepada kepuasan kerja Anda?

Atau peran Anda nanti melibatkan pengelolaan sumber daya manusia. Penting untuk mengetahui sejauh mana wewenang Anda. Apakah Anda memiliki wewenang untuk menempatkan karyawan yang berkinerja buruk pada rencana perbaikan kinerja? Memindahkan karyawan ke peran yang Anda pikir akan lebih cocok? Mempromosikan top performer? Tidak memiliki kontrol terhadap tim yang Anda pimpin merupakan salah satu sumber stres manajer.

Seperti dikatakan sebelumnya, peran baru belum tentu membuat Anda lebih bahagia. Tetapi mengetahui gambaran secara akurat akan sangat membantu untuk mengetahui peran tersebut akan merangsang Anda menjadi lebih bergairah, atau justru membuat Anda terjebak dalam ketidakpuasaan diri setiap hari.

Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami