Kabar Gembira: Pemerintah akan Naikan Batas Penghasilan Tidak Kena Pajak | Qerja

Kabar Gembira: Pemerintah akan Naikan Batas Penghasilan Tidak Kena Pajak

Qerja, 5 years ago
Kabar Gembira: Pemerintah akan Naikan Batas Penghasilan Tidak Kena Pajak

Dunia sedang dihebohkan dengan kasus Panama Papers. Hingga hari ini, topik ini tetap menjadi pembicaraan hangat, baik melalui dunia maya atau pun keseharian. Akibatnya Perdana Menteri Islandia, Sigmundur Gunnlaugsson, yang namanya dikaitkan dalam dokumen tersebut mengundurkan diri.

Bagi sebagian kita yang baru-baru saja mengalami ribetnya pelaporan pajak, tentu dibuat gregetan membaca berita ini. Bagaimana tidak? Abai melaporkan atau pelaporan nilai pajak yang selisihnya kurang saja, sudah bisa menjadi masalah. Di sisi lain ada dokumen bocor dengan nama-nama yang ngemplang pajak dengan nilai fantastis.

Di balik semua kehebohan yang sedang berlangsung saat ini, pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) justru berencana menaikkan batas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Tentu saja berita ini tidak ada kaitannya dengan kasus Panama. Rencana pemerintah menaikan batas peng PTKP, semata untuk menggenjot konsumsi rumah tangga yang menjadi kontributor besar bagi Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Pemerintah optimis dengan memperkirakan akan ada kenaikan laju PDB sekitar 0,16% tahun ini.

Seperti diketahui, tahun lalu, lewat Peraturan Menteri Keuangan No.122/PMK.010/2015 tentang penyesuaian besarnya PTKP Rp36 juta per tahun per orang.

Untuk tahun 2016 mendatang batasnya dinaikan menjadi Rp 54 juta per tahun. Artinya, pekerja yang gajinya sama dengan atau kurang dari Rp 4,5 juta per bulan akan terbebas dari pajak penghasilan (PPh).



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next