Lima Keuntungan Remote Working Bagi Perusahaan | Qerja

Lima Keuntungan Remote Working Bagi Perusahaan

Qerja, 5 years ago
Lima Keuntungan Remote Working Bagi Perusahaan

Keuntungan remote working bagi pegawai mungkin lebih mudah untuk dibayangkan: menghindari macet, bebas menentukan jam dan tempat kerja, bekerja memakai piyama, dan lainnya. Walau begitu, dengan komunikasi yang memadai dan perencanaan yang matang, konsep remote working bisa memuaskan kedua belah pihak. Di artikel ini, kami akan membedah beberapa alasan mengapa memberlakukan praktek waktu dan tempat kerja yang fleksibel juga menguntungkan perusahaan. 

1. Meminimalisir politik kantor
Tanpa kesempatan untuk terlibat drama dan gosip di kantor, peluang terjadi bentrok antar pegawai semakin kecil. Bekerja di luar kantor juga berarti kinerja murni hanya bisa dinilai dari hasil kerja dan bukan semata dari interaksi interpersonal di kantor.

2. Meningkatkan produktivitas pegawai
Menurut periset di Penn State University, pegawai yang tidak harus masuk ke kantor lebih produktif karena tidak perlu ‘memaksa diri’ untuk bangun pagi-pagi buta demi menerjang lalu lintas perkotaan. Tentu, tentu bangun pagi ada baiknya, tapi seringkali pegawai dengan jam kerja 9-5 terjebak dalam kesibukan kerja, kehidupan sosial, dan jebakan lalu lintas sehingga tidak mendapat waktu tidur yang cukup di malam hari, padahal mereka harus bangun pagi untuk bersiap-siap. Kekurangan tidur telah terbukti mengakibatkan kurangnya konsentrasi dan kecenderungan melakukan kesalahan.

Bandingkan dengan pegawai yang jam kerjanya lebih fleksibel: Mereka dapat tidur beberapa menit lebih lama sehingga lebih peka dan logis dalam mengambil keputusan. Dengan suasana kerja pilihan yang lebih nyaman dan tanpa gangguan hingar bingar kantor, pegawai dapat lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Memperkecil pergantian pegawai
Banyak alasan mengapa seorang pegawai tidak bahagia dengan pekerjaannya, dari jam kerja terlalu menuntut hingga stress berlebih. Pegawai-pegawai ini umumnya lebih mudah sakit-sakitan dan selalu melirik kesempatan kerja lain yang lebih memberi mereka kepuasan kerja. Dengan kebebasan waktu dan lokasi kerja yang diberikan perusahaan, pegawai berkesempatan untuk lebih leluasa mengatur jadwal kerja sesuai kebutuhan dan memiliki work-life balance yang lebih baik.

Kecil sekali kemungkinan pegawai yang bahagia di tempat kerjanya saat ini akan meninggalkan perusahaannya tersebut. Kepuasan karir ini akan meningkatkan loyalitas yang kemudian menurunkan angka turnover dalam perusahaan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next