Empat Keuntungan Menjadi Seorang Night Owl (Plus Tips!) | Qerja

Empat Keuntungan Menjadi Seorang Night Owl (Plus Tips!)

Qerja, 3 years ago
Empat Keuntungan Menjadi Seorang Night Owl (Plus Tips!)

Night owl adalah mereka yang cenderung aktif di malam hari. Bukan sekedar sering bergadang karena tuntutan kerja, tapi individu-individu ini memang lebih gemar melakukan beragam aktivitas di malam hari karena tingkat produktivitas mereka meningkat di waktu tersebut.

Kecenderungan seseorang untuk menjadi night owl atau early bird umumnya bukan preferensi individu karena besar kemungkinan kedua tipe ini bersifat genetik. Walau begitu, beberapa riset dan eksperimen menemukan bahwa faktor usia dan kebiasaan juga mempengaruhi periode aktif seorang individu. Karena itu, night owl kebanyakan ditemui pada individu berusia di bawah 30 tahun dan bisa berubah seiring bertambahnya usia.

Jika Anda merasa diri seorang makhluk nokturnal, Anda tidak sendiri. Banyak individu sukses yang juga merupakan , seperti Charles Darwin, Winston Churchill, Barrack Obama, dan lainnya. Presiden Obama bahkan terkenal sering mengadakan rapat staf larut malam. Ada alasan mengapa tidak hanya mereka yang aktif di pagi hari yang bisa mencapai kesuksesan. Apa saja itu?

1. Tingkat kreativitas lebih tinggi
Dalam percobaan yang dilakukan oleh Catholic University of the Sacred Heart di Milan, para periset menemukan bahwa mereka yang aktif di malam hari cenderung lebih mampu menghasilkan lebih banyak solusi kreatif untuk sebuah permasalahan dibanding mereka yang merasa lebih aktif di pagi hari. Hal ini mungkin berkaitan dengan berkurangnya distraksi dari lingkungan sekitar pada malam hari yang menstimulasi kreativitas secara umum.

2. Kuat lembur
Ketika rekan kerja sudah mulai tampak lemas di depan layar komputer, Anda biasanya baru mulai aktif dan bersemangat. Harus lembur? Ada rapat mendadak? Tidak masalah! Efek lainnya, reputasi Anda sebagai karyawan yang tidak keberatan lembur bisa jadi membuat atasan Anda terkesan.




Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next