Pilih Mengundurkan Diri Atau Pensiun Dini | Qerja

Ditawari Mengundurkan Diri Atau Pensiun Dini, Ambil atau Jangan?

Qerja, 5 years ago
Ditawari Mengundurkan Diri Atau Pensiun Dini, Ambil atau Jangan?

Awal tahun ini sempat dihebohkan oleh pemberitaan dengan pemecatan besar-besaran dari perusahaan minyak asal Amerika Serikat, Chevron. Langkah Chevro‎n melakukan pengurangan tenaga kerja, dikabarkan salah satunya akibat anjloknya harga minyak dunia, sehingga perusahaan menilai perlu mengambil kebijakan melakukan efisiensi untuk menekan biaya produksi.

Dikabarkan, ribuan karyawan Chevron mengalami imbas dari pengurangan tenaga kerja. Pihak Chevron mengakui telah melakukan pembicaraan dua arah dengan pekerjanya. Pihak Chevron juga membantah soal PHK, semua ini lebih kepada perbaruan dari model bisnis. Mereka melakukan efisiensi di berbagai sektor, termasuk sumber daya manusia.

Dua langkah yang diambil adalah dengan mengajukan opsi mengundurkan diri atau pensiun dini terhadap karyawan. Pengajuan pensiun dini pun akan dipermudah oleh perusahaan. Dengan begitu, proses pengurangan pegawai atas dasar sukarela oleh karyawan.

Sebenarnya, dalam situasi tertentu mengundurkan diri secara sukarela bisa jadi bukan sesuatu yang buruk. Bahkan, bisa jadi sebuah hal yang berguna kelak bagi karier. Nah, apa yang harus dilakukan jika kita ditawarkan opsi mengundurkan diri?

Identifikasi situasi dan kondisi

Pemutusan hubungan kerja bisa terjadi ketika seorang karyawan melakukan pelanggaran salah satu aturan atau kebijakan organisasi. Dalam beberapa kasus, perusahaan menawarkan opsi untuk mengundurkan diri, tetapi proses ini mungkin datang dengan ketentuan.

Karyawan mungkin diperlukan untuk menandatangani perjanjian kerahasiaan sekitar masalah yang menyebabkan pengunduran diri. Atau bisa juga karena perampingan karyawan, perusahaan menawarkan opsi mengundurkan diri, dengan kompensasi. Atau dengan menawarkan opsi pensiun dini. Apa pun kondisinya, pastikan Anda benar-benar memahami situasi yang terjadi, dan penjelasan yang lengkap.

Kompensasi yang sesuai

Kompensasi ditawarkan ketika pemilik perusahaan memberikan karyawan pilihan untuk mengundurkan diri daripada dipecat. Kompensasi yang umum adalah uang pisah, yakni istilah untuk kompensasi yang diberikan karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun dan memutuskan untuk mengundurkan diri.

Di sisi lain, jika perusahaan yang menawarkan golden shake hand, artinya saat perusahaan memberikan opsi mengundurkan diri atau pensiun dini, perusahaan akan membayar sejumlah kompensasi yang dianggap pantas, berupa bonus tambahan di luar aturan perundangan yang berlaku.

Dalam situasi ini, Anda akan dihadapkan dalam posisi menerima atau menolaknya. Ingat, Anda bisa minta waktu untuk berpikir. Hal utama yang harus dipertimbangkan, apakah kompensasi yang ditawarkan itu bisa cukup atau tidak untuk menopang hidup Anda sampai mendapatkan pekerjaan lain. Atau, apakah uang tersebut cukup untuk membuka usaha yang selama ini sudah Anda impikan.

Cari bantuan hukum

Pastikan Anda mengerti hak-hak yang Anda miliki sebagai tenaga kerja. Jika Anda tidak yakin pilihan mana yang terbaik untuk situasi tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan seorang pengacara yang fasih dalam hukum ketenagakerjaan. Atau meminta bantuan lembaga bantuan hukum. Mereka dapat menyarankan Anda tentang konsekuensi potensial dari pengunduran diri terhadap pemutusan, dan menentukan pilihan mana yang akan memiliki hasil yang terbaik untuk situasi tertentu secara keseluruhan.

Apapun pilihan Anda, semoga itu yang terbaik untuk karier dan kehidupan Anda selanjutnya. Semoga sukses ya!

Foto: jobstreet

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next