Merasa Kesepian di Kantor Mempengaruhi Performa Kerja | Page 2 | Qerja

Merasa Kesepian di Kantor Mempengaruhi Performa Kerja

Steffi Teowira, 3 years ago
Merasa Kesepian di Kantor Mempengaruhi Performa Kerja

Tak hanya mengungkapkan hal serupa soal performa kerja, riset terpisah juga menyatakan bahwa pegawai yang merasa kesepian di tempat kerja cenderung enggan mencoba tantangan baru dan kurang memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik, sehingga perjalanan karier para pegawai ini kerap menjadi stagnan.

Punya teman di kantor meningkatkan semangat kerja

Lembaga survei kredibel Amerika, Gallup, di polingnya tentang keterlibatan dan antusiasme pegawai terhadap pekerjaannya mencantumkan pertanyaan “Apakah Anda punya teman baik di tempat kerja”.

Hal tersebut menandakan hubungan pertemanan di tempat kerja—setidaknya lebih akrab dari sekedar hubungan profesional—dianggap memainkan peran cukup penting dalam memastikan kesejahteraan pegawai dan keterikatannya terhadap perusahaan.

Memiliki teman baik di tempat kerja bisa jadi menjadi salah satu faktor yang membuat pegawai semangat untuk datang ke kantor. Tidak hanya itu; ketika sedang bermasalah dengan pekerjaan, atasan, atau bahkan keresahan pribadi, pegawai dengan teman juga memiliki seseorang untuk mendengarkan keluhannya.

Persahabatan di tempat kerja juga menguntungkan pihak perusahaan karena pegawai yang memiliki teman lebih loyal dan bertahan jauh lebih lama dibanding mereka yang tidak. Besar kecil pengaruhnya mungkin sulit diukur, namun jika pegawai memiliki teman karib di kantor, ada kemungkinan mereka akan berpikir dua kali sebelum hengkang.

Jika dalam interaksi sehari-hari pihak manajemen atau HR mendeteksi ada isu serupa pada pegawainya, idealnya permasalahan ini tidak dianggap sepele atau dijadikan sesuatu yang harus ditangani sendiri oleh si pegawai. Intervensi formil tidak disarankan, namun dengan mencoba menjalin komunikasi dan sabar mendekatkan diri pada pegawai tersebut, niscaya akan ada perubahan positif yang terlihat.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next