Persiapan Wawancara Kerja dalam 30 Menit | Qerja

Persiapan Wawancara Kerja dalam 30 Menit

Eka Utami, 3 years ago
Persiapan Wawancara Kerja dalam 30 Menit

Sebuah berita bagus menghampiri Anda pagi ini. Manajer perekrutan dari perusahaan yang Anda lamar menelepon! Dia meminta Anda untuk satu sesi wawancara kerja terakhir.

Waktunya? Siang ini juga! Anda begitu bersemangat dan langsung menjawab: “Tentu saja!”

Setelah menutup telepon, Anda baru menyadari dua masalah. Pertama, Anda masih bekerja siang ini. Kedua, Anda belum siap menghadapi wawancara kerja mendadak. Sebab, sesi terakhir ini mungkin akanmenentukan apakah Anda akan diterima atau tidak. Tapi, Anda tidak mungkin menelepon manajer perekrutan dan minta penjadwalan ulang. Sebab, hal itu akan membuat Anda tampak sedang berpikir ulang tentang tawaran kerja.

Oke, strategi pertama yang Anda lakukan adalah minta izin kepada atasan untuk keluar makan siang lebih awal dan kembali ke kantor lebih lambat. Anda bisa bilang kalau ada urusan mendadak siang ini. Masalah pertama selesai.

Sekarang, Anda harus menghadapi masalah sebenarnya yaitu wawancara kerja. Anda harus punya strategi untuk memersiapkan diri sebelum bertemu manajer perekrutan atau user. Berikut strategi memersiapkan diri untuk wawancara kerja dalam 30 menit seperti disarikan dari Forbes.com.

10 Menit Pertama: Baca

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca lagi syarat untuk posisi yang ditawarkan perusahaan. Apakah mereka ingin seseorang dengan keterampilan berkomunikasi yang mumpuni? Apakah mereka butuh seseorang dengan pengalaman selama lima tahun? Jika memungkinkan, Anda bisa mencetak iklan lowongan kerja di kantor sebelum berangkat menuju tempat interview. Anda juga bisa membaca pada handphone atau tablet. Lalu, simpan halaman dengan informasi yang dibutuhkan.

FAPENGETAHUAN YANG CUKUPKTA

Anda juga bisa membaca situs perusahaan. Lihat halaman visi dan misi. Lalu masuklah ke menu blog. Anda akan melihat kegiatan yang dilakukan perusahaan. Anda juga bisa mencari berita terbaru tentang perusahaan di situs pencari. Anda mungkin tidak sempat membaca artikel demi artikel. Tapi, setidaknya Anda punya gambaran sekilas tentang berita terkini.

10 Menit Kedua: Buat Diri Anda Cocok dengan Posisi yang Ditawarkan

Berdasarkan hasil penelusuran singkat, Anda mendapati bahwa perusahaan yang Anda lamar sedang dalam masa transisi. Mereka membutuhkan seorang komunikator yang kuat dan bisa bekerja dalam tim. Lalu, menurut pengalaman selama menghadapi wawancara kerja, pewawancara akan meminta Anda bercerita tentang diri sendiri. Mereka juga ingin tahu apakah Anda cocok menjadi pegawai yang dibutuhkan perusahaan saat ini.

Anda punya banyak pengalaman saat bekerja di perusahaan yang lalu. Anda punya cerita bagaimana memecahkan masalah di saat sulit. Anda juga pernah beranggungjawab memimpin sebuah tim. Anda adalah anggota tim yang paling diandalkan. Sekarang, Anda bisa melihat lagi syarat pegawai pada iklan lowongan kerja. Cerita apa yang cocok untuk disampaikan kepada manajer perekrutan?

IDEl



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next