Cara Menjadi Kolega Favorit di Tempat Kerja | Qerja

Cara Menjadi Kolega Favorit di Tempat Kerja

Qerja, 4 years ago
Cara Menjadi Kolega Favorit di Tempat Kerja

Semua orang ingin disukai. Dari bangku sekolah hingga meja kantor, popularitas adalah aspek yang diidamkan dan bahkan dikejar banyak orang. Di dunia kerja, Anda bisa mencoba sering-sering menraktir makan teman sekantor, namun untuk opsi yang lebih ramah di kantong, kami menyediakan beberapa tips mudah ini untuk memperbesar peluang Anda menjadi kolega favorit di tempat kerja. Siapa tahu, mungkin saja bulan depan Anda mendapat dukungan penuh untuk menjadi most favorite employee.

1. Manfaatkan jam makan siang
Apakah Anda termasuk salah satu pegawai yang sering makan siang di mejanya dengan alasan sibuk bekerja? Jika tiba waktunya untuk istirahat makan siang, mengapa tidak meninggalkan meja dan bergabung dengan kolega-kolega Anda? Hal ini terutama penting jika sehari-hari Anda selalu sibuk dan jarang punya waktu untuk berbincang Selain baik untuk kesehatan dan produktivitas Anda, waktu makan siang bisa menjadi bonding time bagi Anda dan kolega.

2. Hal-Hal kecil sangat berarti
Mengucapkan selamat tinggal sebelum pulang, menyapa si anak baru atau sekedar mampir ke kubikel untuk menanyakan kabar adalah beberapa contoh gestur-gestur kecil yang mungkin tidak terlalu menguras waktu dan energi Anda, namun efeknya terhadap si penerima sangat besar. Hal-hal kecil yang Anda lakukan sehari-hari inilah yang akan diingat kolega Anda.

3. Ada saat dibutuhkan
Baik itu membantu mengerjakan tugas atau sekedar menjadi pendengar yang baik, menjadi sosok yang populer sering kali butuh keberadaan dan kontribusi waktu Anda. Apapun yang Anda akan berikan, pastikan kalau Anda memberikan 100%. Eits, tapi coba simak dulu aturannya di poin selanjutnya.

4. Selalu menepati janji
Menjadi kolega yang baik hati boleh saja, tapi kuncinya adalah membuat janji yang realistis. Terlalu sibuk mengerjakan tugas sendiri? Kalau begitu, jangan mengiyakan permintaan rekan kerja untuk meminjamkan waktu dan energi Anda. Tentu saja Anda boleh menolaknya. Jika Anda memang berniat membantu, katakan kalau saat ini Anda sedang sibuk dan tanyakan jika ia bersedia menunggu.

5. Jadilah versi diri Anda yang terbaik
Diri Anda yang terbaik tidak harus merupakan sosok yang sempurna karena faktanya, tidak ada satu individu pun yang disukai setiap orang. Sebaik, semenarik, semurah hati apapun Anda, Anda tidak bisa memaksa orang lain untuk menyukai Anda. Bukan berarti Anda jadi masa bodoh dan bersikap acuh tak acuh pada rekan kerja, tapi berusahalah untuk jadi individu yang membuat orang sekitar nyaman berada di dekat Anda.—Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next