Mendalami Karier Sebagai Social Media Specialist | Qerja

Mendalami Karier Sebagai Social Media Specialist

Qerja, 4 years ago
Mendalami Karier Sebagai Social Media Specialist

Sepertinya tidak ada profesi yang lebih identik dengan kaum milenial dibanding Social Media Specialist dan berbagai variasi jabatannya: Social Media Manager, Admin Social Media, Social Media Officer, dan lainnya. Beberapa tahun silam, pekerjaan ini bisa dibilang tidak ada. Namun kini, kekuatan media sosial menggiring persepsi dan membentuk tren semakin dipahami banyak korporasi sebagai cara meraih perhatian konsumer. Efeknya, hampir setiap perusahaan sekarang memiliki seorang atau beberapa staf yang khusus menangani akun media sosial.

Menjamurnya profesi ini tidak lantas membuat publik familiar. Tidak sedikit yang mengira Social Media Specialist adalah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan siapa saja yang gemar lalu lalang di media sosial. Benarkah begitu?

Apa itu Social Media Specialist?

Sederhananya, seorang Social Media Specialist bertanggung jawab memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak sebatas sekedar meng-upload foto atau menulis sebaris dua baris tweet saja. Setiap langkah yang diambil seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis. Dari penempatan konten berbeda untuk media yang berbeda, penggunaan kata kunci yang tepat, hingga perencanaan waktu publikasi sangat dibutuhkan untuk menjamin isi posting meraih audiens sebesar-besarnya dan memberi efek yang diinginkan.

Tidak terbatas hanya untuk perusahaan, jasa Social Media Specialist juga digunakan oleh individu, terutama para public figure seperti politisi dan selebritis. Bagi mereka, citra dan popularitas sejak dulu dianggap sebagai salah satu parameter kesuksesan, dan kini keberadaan social media menjadi medium baru untuk mendulang ketenaran. Di sinilah kepiawaian Social Media Specialist memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di dunia maya sangat dibutuhkan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami