Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener | Qerja

Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener

Eka Utami, 2 years ago
Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener

Apakah Anda pernah bekerja dengan atasan yang tidak mau mendengarkan? Ketika Anda mengungkapkan ide, atasan Anda hanya mengangguk-angguk sambil membaca pesan di ponsel. Setelah Anda memberi penjelasan sampai mulut berbusa, sang manajer baru tersadar telah melewatkan banyak hal. Kemudian dia menatap Anda dan bertanya: “Bagaimana? Coba Anda ulangi lagi.” Pasti Anda kesal setengah mati. Namun, Anda menahan diri untuk tidak meluapkan kemarahan.

Anda bisa terjebak dalam segala situasi dengan bad listener. Mungkin sekarang Anda sudah berada di posisi manajer dan punya bawahan yang tidak pernah memerbaiki diri. Sebab staf tersebut tidak mendengarkan segala masukkan yang Anda berikan pada sesi evaluasi. Atau Anda bisa saja punya rekan kerja bad listener yang tidak pernah mau mendengarkan masukkan untuk kemajuan tim.

Bekerja dengan pendengar yang buruk bisa membuat frustasi dan kontraproduktif. Anda harus berusaha lebih keras untuk membuat orang lain mau mendengar dan memahami ide Anda. Hal itu memang tidak mudah. Anda harus meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Berikut tips menghadapi atasan atau rekan kerja yang pendengar buruk seperti disarikan dari Themuse.com.

Percakapan dua sisi

Ketika berhadapan dengan rekan kerja bad listener, Anda pasti sudah berusaha berbicara dengan jelas. Anda telah berbagi semua rencana yang telah disusun. Bahkan Anda mengungkapkan ide berulang-ulang dengan berbagai cara. Namun, lawan bicara tetap tidak mengikuti jalan pikiran Anda.

Solusi: Ajukan pertanyaan spesifik kepada lawan bicara Anda. Hindari pertanyaan yang hanya membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak”. Misalnya pertanyaan seperti “Apakah hal ini masuk akal?” Sebaliknya, Anda harus memberikan pertanyaan yang membutuhkan jawaban mendalam: “Bagaimana cara kita memerbaiki hal ini?” Pertanyaan tersebut membutuhkan pemikiran kritis. Dengan demikian, lawan bicara akan mengikuti jalan pikiran Anda. Jika rekan kerja kehilangan jejak, Anda harus membawanya kembali ke jalur yang benar. Anda bisa mengulang beberapa kalimat sebelumnya, lalu tanyakan hal-hal yang belum dia pahami.

Menggunakan media untuk menjelaskan ide, pemikiran atau pesan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next