Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener | Page 2 | Qerja

Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener

Eka Utami, 3 years ago
Cara Menghadapi Rekan Kerja Bad Listener

Pada titik ini, mungkin Anda sudah mencoba menggunakan berbagai metode komunikasi. Anda juga mencoba trik pada poin pertama dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Anda merasa usaha telah berhasil. Yes! Artinya sang rekan kerja telah menangkap penjelasan Anda. Namun, pada saat mengerjakan tugas, dia justru melakukan hal sebaliknya. Anda kembali menelan kekecewaan.

Solusi: Cobalah cara lain selain komunikasi verbal. Anda bisa menjelaskan ide atau menyampaikan ide malalui media. Misalnya melalui surat elektronik. Mungkin rekan kerja bukan pendengar yang baik, tapi dia bisa memahami satu hal dengan cara membaca.

Meminta feedback

Oke, sekarang Anda tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan pada rekan kerja bad listener. Anda sudah bicara langsung, tapi dia tidak memahami penjelasan. Anda sudah menulis instruksi, tapi dia juga masih saja berbuat kesalahan.

Solusi: Anda bisa meminta feedback dan masukan dari rekan kerja tersebut. Anda bisa bilang,”Saya berusaha meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Apakah Anda punya saran agar ide saya bisa dipahami dengan baik?” Pertanyaan ini menunjukkan bahwa selama ini Anda merasa tidak pernah didengar. Anda juga telah menyindirnya secara halus bahwa lawan bicara yang sedang ada di hadapan tidak mau mencoba mendengarkan. Anda dan rekan kerja bisa mencari solusi bersama untuk memecahkan masalah ini. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next