Tawaran Pekerjaan Sampingan: Sebaiknya Diterima atau Ditolak?

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago
Ketika tawaran pekerjaan tambahan hadir di depan Anda, mungkin Anda berpikir, satu pekerjaan saja sudah cukup merepotkan, masa ditambah lagi? Tapi terlepas dari tambahan penghasilan yang bisa Anda dapatkan, ada juga keuntungan lain yang dapat Anda raup. Di sisi lain, memegang dua pekerjaan memang bukan untuk semua orang. Pertimbangannya memang tidak sedikit, jadi biarkan kami membantu Anda memutuskan.


1. Memperlebar jaringan
Pekerjaan tambahan memungkinkan Anda bertemu dan menjalin hubungan dengan orang-orang di luar lingkungan sosial dan profesional Anda. Jaringan ini dapat membuka peluang karier di masa depan.

2. Kesempatan mengasah dan menambah keahlian
Pekerjaan kedua yang tepat bisa memberikan Anda keahlian baru yang mungkin sulit Anda dapatkan di pekerjaan Anda saat ini. Alih-alih mengambil kursus, bukankah lebih baik lagi jika Anda bisa langsung terjun dan mempraktekkannya?

3. Peluang mencoba dunia baru
Sama seperti magang, pekerjaan paruh waktu Anda bisa jadi jendela untuk mencoba bekerja di posisi atau sektor lain tanpa mengorbankan kenyamanan finansial. Jika Anda sedang berpikir untuk pindah kerja, menerima tawaran pekerjaan sampingan yang Anda minati adalah kesempatan eksperimen yang tepat.


1. Tidak punya waktu santai
Sepulang kerja atau di akhir pekan, kemungkinan besar Anda tidak bisa lagi bersantai atau menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga karena masih ada pekerjaan sampingan. Selain keletihan fisik, Anda juga berisiko mengorbankan hubungan baik dengan orang terdekat

2. Kemungkinan ada biaya tambahan


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami