Tanda Karier Anda ‘Mentok’ dan Solusinya

Oleh Hesti Pratiwi, 5 years ago
3. Anda merasa tidak berkembang

Ketika mendapatkan lebih banyak pengalaman di posisi saat ini, biasanya seseorang akan berharap bisa mendapat tanggung jawab lebih dan tantangan baru. Nah, jika semua tanggung jawab dan tantangan baru ini bisa dikerjakan dengan baik, saatnya mulai melihat peluang untuk bergerak ke atas dalam arti resmi (promosi, kenaikan gaji, dan lain-lain).

Tetapi jika Anda masih melakukan perkerjaan yang sama persis dari hari ke hari, tanpa banyak kesempatan untuk mengerjakan tanggung jawab dan tantangan baru, itu sudah pertanda sederhana bahwa di tempat ini Anda akan sulit berkembang dan bergerak ke atas. Tanpa kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan tanpa peluang baru, karier Anda sudah berhenti di tempat.

Langkah berikutnya:
Jangan pernah takut untuk meminta tanggung jawab dan tantangan baru pada atasan Anda, dan menunjukkan bahwa Anda dapat melakukan lebih dari yang Anda kerjakan sekarang. Ini akan membuktikan betapa berharganya Anda. Jika sudah melakukan itu tetapi tetap tidak dikabulkan, segera cari solusi –misalnya dengan berbicara mengenai hal ini kepada atasan yang lebih tinggi-- atau tinggalkan.

4. Berhenti khawatir soal uang

Salah satu alasan orang enggan mengubah karier adalah mereka memiliki harapan yang tidak realistis tentang mendapatkan promosi yang cepat dan mendapatkan gaji yang lebih besar. Kebanyakan perubahan karier bergerak lateral atau bahkan memaksa Anda untuk mulai pada anak tangga yang lebih rendah. Tidak apa-apa. Pergi ke depan dan mulai dari bawah jika Anda harus, tetapi menyadari bahwa Anda dapat mengambil momentum saat Anda belajar keterampilan lebih dan mencari tahu semua seluk-beluk karier baru.

Salah satu alasan Anda merasa terjebak dalam karier yang begitu-begitu saja adalah  kondisi Anda tidak mendapatkan sesuatu yang mendorong Anda untuk berpikir secara berbeda.


BACA JUGA:
Jadilah Karyawan Yang Terlihat di Mata Atasan 
Bila Atasan Pilih Kasih di Tempat Kerja
Tujuh Motivasi dalam Pekerjaan. Yang Mana Motivasi Anda?

Foto: Pixabay


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami