Lima Tips Menghadapi Beban Kerja yang Membludak | Qerja

Lima Tips Menghadapi Beban Kerja yang Membludak

Steffi Teowira, 3 years ago
Lima Tips Menghadapi Beban Kerja yang Membludak

Belum juga mulai menyentuh, memikirkan tugas yang bertumpuk saja sudah membuat panik dan depresi. Tapi mendekati batas akhir tenggat waktu, tugas tidak bisa ditunda lagi. Apa yang bisa Anda lakukan untuk meringankan beban kerja kali ini?

1. Jangan panik

Alih-alih panik dan cemas memikirkan setumpuk pekerjaan yang membayangi hari-hari, coba bayangkan kalau seluruh tugas Anda masing-masing dipisahkan dalam porsi kecil. Porsi-porsi kecil ini lebih mudah diurus dan tidak terasa terlalu menyeramkan, bukan? Fokus saja pada satu tugas yang perlu Anda lakukan dulu, baru kemudian lanjut ke yang lain.

2. Punya strategi

Agar Anda mudah menavigasi sederet tugas yang terkesan menumpuk, coba bagi-bagi misalnya mulai dengan pekerjaan terpenting atau tersulit. Setelah selesai, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya yang jauh lebih mudah.

Hindari juga multitasking agar Anda tidak kebingungan. Susun tugas sesuai jenisnya dan jalankan hingga beres, baru berganti tugas lain. Misalnya, ketika menulis laporan, daripada berganti-gantian browsing, menulis, browsing, menulis, lebih baik pertama-tama kumpulkan semua materi dengan fokus browsing, kemudian baru mulai menulis.

3. Kurangi sifat perfeksionis

Ketika Anda dikejar waktu untuk menyelesaikan seabrek tugas, terus menerus fokus mengerjakan satu hal hingga sempurna di mata Anda bisa membuat kewalahan dan tertekan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next