Berkaca dari Isyana Sarasvati: Seberapa Pentingkah Brand Ambassador Bagi Perusahaan? | Qerja

Berkaca dari Isyana Sarasvati: Seberapa Pentingkah Brand Ambassador Bagi Perusahaan?

Qerja, 4 years ago
Berkaca dari Isyana Sarasvati: Seberapa Pentingkah Brand Ambassador Bagi Perusahaan?

Beberapa waktu lalu, Isyana Sarasvati muncul di salah satu koran nasional dan berbagi pendapatnya tentang belanja online. Isyana bertutur kalau ia tidak terlalu menggemari aktivitas belanja daring karena takut tertipu. Padahal, saat ini Isyana didapuk sebagai brand ambassador Tokopedia, salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia. Dia sering muncul sebagai bintang kampanye iklan untuk situs ini di berbagai media.

Blunder Isyana ditambah lagi saat dia mencoba konfirmasi mengenai aktivitas belanjanya, dengan twit dari iPhone. Padahal dia juga adalah bintang iklan ponsel Oppo.

Respon terhadap pernyataan Isyana pun mengalir sejak berita ini beredar di dunia maya. Banyak yang mempertanyakan komitmen Isyana terhadap posisinya sebagai brand ambassador. Di tengah-tengah perbincangan ini, istilah brand ambassador pun turut muncul menjadi topik hangat: Apa saja tanggung jawabnya? Mengapa dianggap penting oleh perusahaan?

Brand ambassador di mata perusahaan

Seberapa pentingkah identitas kuat bagi sebuah produk? Sebuah perusahaan dengan brand image yang kuat dapat “menggiring” pelanggan untuk mengasosiasikan merek mereka sebagai pilihan terbaik untuk sebuah produk. Misalnya, jika menyebut “pasta gigi” atau “mie instan”, tentu di benak Anda akan muncul beberapa merek tertentu yang Anda anggap superior.

Selain meningkatkan keuntungan dari penjualan, citra yang kuat ini juga menciptakan loyalitas pelanggan. Citra ini juga dapat menarik perhatian talenta terbaik untuk bekerja di perusahaan tersebut, dan meningkatkan peluang menjalin rekanan dengan nama-nama besar di industri lain.

Salah satu cara untuk menciptakan identitas kuat ini adalah dengan mempekerjakan brand ambassador.

Pertama-tama, brand ambassador memberi sentuhan pribadi pada sebuah merek, sehingga pelanggan merasa lebih akrab dan mudah membayangkan kehadiran produk tersebut di kehidupannya sehari-hari.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next