Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru | Qerja

Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru

Eka Utami, 3 years ago
Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru

Mungkin Anda selalu mengalami kesulitan untuk mengingat nama rekan kerja di kantor baru. Pada hari pertama bekerja, Anda akan berkenalan dengan sekitar 20 orang atau lebih. Jadi wajar saja kalau Anda lupa nama beberapa orang. Rekan kerja pun akan memahami kesulitan Anda.

Masalahnya, jika Anda sudah bekerja selama beberapa pekan, namun masih juga melupakan nama beberapa orang. Misalnya salah satu supervisor atau manajer. Hal ini akan membuat Anda tidak tampak baik di mata mereka. Rekan kerja dan atasan akan menganggap Anda sebagai orang yang pelupa. Berikut tips mengingat nama rekan kerja di kantor baru seperti disarikan dari Worketiquette.co.uk.

Persiapan Awal

Sebelum bergabung dengan perusahaan baru, Anda akan mengenal beberapa orang calon atasan. Misalnya, saat wawancara kerja dengan user. Saat masuk kantor pertama kali, salah seorang dari user yang pernah mewawancarai tersebut akan menyambut Anda. Kemudian, dia akan memerkenalkan Anda dengan rekan kerja lain. Ada manajer yang sangat baik dan memberikan daftar nama pegawai yang akan bersingunggan dengan Anda setiap hari. Simpan catatan itu sebagai bekal untuk Anda saat berusahaa beradaptasi dengan lingkungan kantor.

Selain itu, Anda juga bisa berusaha melakukan persiapan sendiri. Sebagian perusahaan punya situs yang dilengkapi menu khusus yang menampilkan daftar nama pegawai, foto dan biodata singkat. Jika bekerja pada perusahaan startup baru, maka Anda akan menemukan foto hampir semua pegawai di kantor. Namun, bila Anda bekerja di perusahaan besar, mungkin hanya akan mendapati beberapa gambar wajah pimpinan tertinggi sampai manajer menengah.

Jika persiapan masih terasa kurang, maka catat nama beberapa orang yang mungkin akan banyak berinteraksi dengan Anda. Jangan lupa tambahkan ciri-ciri khusus orang tersebut. Misalnya Budi yang berkaca mata, Ardi yang berkulit gelap, dan Endah yang berkerudung.

Observasi singkat ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat tiba di kantor. Sebab, Anda sudah punya gambaran tentang orang-orang yang akan ditemui.

Asosiasi

Salah satu metode yang bagus untuk mengenal nama rekan kerja baru adalah dengan menggunakan asosiasi. Anda bisa membuat rangkaian kata berima sesui dengan nama orang dan ciri khasnya. Misalnya, Anda punya rekan kerja bernama Vira yang selalu bersemangat di pagi hari, menyapa setiap orang dan tidak pernah pelit untuk tersenyum. Maka, Anda bisa menmakannya “Vira riang gembira”.

Rekan Kerja Bersalaman
Rekan Kerja

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next