Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru | Page 2 | Qerja

Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru

Eka Utami, 3 years ago
Cara Mengingat Nama Rekan Kerja di Kantor Baru

Menyebut Nama Rekan Kerja Berulang Kali

Saat manajer mengenalkan Anda pada seorang rekan kerja, maka Anda bisa mengikuti dan menyebutkan ulang namanya. Misalnya, manajer Anda mulai dengan mengatakan,”Perkenalkan, ini Amin dari bagian keuangan.” Lalu Anda bisa berjabat tangan dengan Amin sambil mengucap,”Hai Amin!”

Jika Anda langsung terlibat percakapan dengan rekan kerja yang baru dikenalkan, maka ucapkan namanya lagi. Pada saat menutup pembicaraan, Anda bisa mengatakan, “Terima kasih Amin, senang berkenalan denganmu.” Hal ini akan membantu Anda megingat nama seseorang. Sementara rekan kerja juga mendapat kesan baik tentang Anda.

Jangan Takut untuk Bertanya Lagi

Sepekan setelah bekerja di kantor baru, Anda harus rapat dengan tim dari divisi lain. Anda bertemu dengan seseorang yang pernah berkenalan pada hari pertama bekerja. Dia mengingat nama Anda dengan baik. Ketika berjabat tangan, dia menyebut nama Anda dengan ramah dan bahkan menanyakan kabar. Namun, Anda melupakan namanya. Anda tidak bisa membalas keramahannya. Kemudian suasana menjadi canggung.

Anda bisa memerbaiki situasi dengan menanyakan namanya kembali. Katakan saja,”Maaf, kalau ingatan saya kurang baik.Saya bertemu dengan banyak orang selama sepekan terakhir. Saya berusaha mengingat nama semua orang. Dan saya tidak bisa mengingat nama Anda.” Dia akan menyebutkan namanya. Kali ini Anda harus mengingat namanya.

Jangan takut kalau pertanyaan Anda akan menyinggung perasaan orang lain. Lawan bicara akan memahami Anda. Sebab dia mungkin juga pernah ada di posisi Anda saat pertama kali masuk kantor.

Meminta Bantuan Rekan Kerja

Anda bisa meminta bantuan rekan kerja yang duduk di sebelah meja untuk memberi tahu nama pegawai lain yang ada di kantor. Misalnya, ketika Anda melupakan nama seorang atasan yang lewat di depan meja, maka Anda bisa menanyakan namanya pada rekan kerja. Namun jangan bertanya terlalu sering. Anda bisa mengganggu pekerjannya. Anda juga bisa bertanya pada teman sambil makan siang bersama. Pada suasana yang lebih santai, Anda bisa lebih bebas bertanya.

Kenyataannya, setiap pegawai baru memang butuh waktu untuk mengenal semua orang yang ada di kantor. Setiap orang yang Anda temui punya penampilan dan kepribadian yang unik. Tidak Anda yang menuntut Anda untuk menghapal nama rekan kerja sekantor dalam satu hari. Maka, tenanglah. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk beradaptasi dengan kantor baru. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next