Introvert Juga Bisa Melakukan “Pekerjaan Ekstrovert” | Qerja

Introvert Juga Bisa Melakukan “Pekerjaan Ekstrovert”

Eka Utami, 3 years ago
Introvert Juga Bisa Melakukan “Pekerjaan Ekstrovert”

Seorang introvert mengalami pergulatan batin yang hebat saat mencari kerja. Introvert akan menghindari lowongan kerja di divisi marketing. Seorang berkepribadian tertutup enggan mengambil pekerjaan yang mengharuskan berhadapan dengan klien. Introvert tidak mau berada di posisi pusat perhatian.

Hal itu merupakan perilaku seorang introvert yang wajar. Secara alami, seorang introvert juga ingin bekerja dalam kondisi yang membuatnya merasa paling nyaman. Dia mau bekerja pada suasana yang tenang –kalau bisa ruangan tertutup-. Sebab, seorang yang berkepribadian tertutup merasa tidak nyaman saat harus berinteraksi dengan orang lain selama berjam-jam. Akhirnya, orang-orang introvert akan memilih pekerjaan yang “paling aman” seperti di bagian akunting, keteknikan, menulis, dan pemrograman komputer.

Tapi, ada juga orang berkepribadian tertutup yang penasaran dengan pekerjaan yang biasanya dilakukan orang ekstrovert. Misalnya, seorang introvert yang tertarik membuat model pemasaran tertentu, namun tidak mau bergabung ke dalam tim marketing karena harus berhadapan dengan klien

Seorang introvert yang punya passion pada “pekerjan ekstrovert” bisa mewujudkan impiannya. Sebab seorang introvert punya kekuatan yang bisa membuatnya sukses pada pekerjaan ekstrovert. Berikut beberapa sifat pegawai introvert saat harus melakukan pekerjaan ekstrovert seperti disarikan dari Themuse.com.

Introvert adalah pendengar yang baik

Seorang ekstrovert biasanya suka berbicara. Bahkan mereka terlalu banyak ngomong sehingga lupa untuk mendengarkan orang lain. Hal ini bisa merusak hubungan dengan klien atau mitra kerja lainnya.

Sementara seorang introvert yang bergabung dalam sebuah tim marketing atau hubungan masyarakat adalah aset terbaik. Anggota tim yang introvert akan mendengarkan klien dengan baik, menganalisis data, melakukan observasi lebih dalam, menemukan hal-hal detail yang penting. Pada akhirnya, seorang introvert bisa membuat model pemasaran atau strategi komunikasi masayrakat yang baik, sesuai keinginan klien.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next