Agar Tetap Produktif Saat Terjebak Macet

Oleh Hesti Pratiwi, 5 years ago

Jika ada satu hal yang paling dibenci sebagian besar orang tentang kota besar adalah macet. Sayangnya, kota besar biasanya sering menjadi pusat perekonomian. Di sanalah, banyak kesempatan kerja terbuka. Tak jarang orang bersedia mengadu nasib dengan segala kemampuan untuk mengecap sukses di kota besar.

Kemacetan adalah sebuah masalah yang tidak lepas dari perkembangan sebuah kota. Selain itu, semakin padat kota juga semakin mahal tempat tinggal. Maka, tak jarang kaum pekerja justru tinggal di daerah pinggiran. Artinya sehari-hari mereka bisa memakan waktu hingga dua jam lebih untuk sampai ke kantor.

Bayangkan waktu, energi, kesabaran yang harus terbuang percuma hanya karena macet. Marah-marah juga bukan solusi karena hanya menyeret kondisi mental Anda menjadi lebih buruk. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan saat macet. Berikut salah satunya:

1. Pelajari 10 frasa atau kata baru dari bahasa asing

Waktu yang dihabiskan terjebak dalam lalu lintas dapat digunakan untuk memperlancar bahasa asing Anda, atau bahkan bahasa baru. Jika bahasa internasional yang umum seperti bahasa Inggris bukan masalah bagi Anda, saatnya mempelajari bahasa asing lainnya.

Cara memulainya dengan menghapalkan sepuluh frasa baru sehari. Tambahan manfaat dari kegiatan ini adalah latihan baik buat otak Anda, dalam melatih fokus lebih baik.

2. Membersihkan dashboard mobil

Kapan terakhir kali Anda membersihkan laci mobil? Kecuali mobil Anda baru, mungkin ada setidaknya sedikit sampah berdesakan di sana. Atau setumpuk karcis parkir, uang receh berserakan, dan kertas-kertas lain yang sudah tidak berguna lagi. Nah, saat terjebak macet, Anda bisa mulai sedikit-sedikit merapikannya.

3. Olah tubuh

Ada jenis olah tubuh yang menjaga kesehatan Anda, yang sebenarnya bisa dilakukan saat duduk. Mulai dari latihan pernapasan dalam, hingga sedikit peregangan otot. Untuk latihan peregangan otot, lakukan hanya saat mobil benar-benar berhenti. Latihan pernapasan sangat baik untuk menjaga organ tubuh mendapat pasokan oksigen yang cukup. Serta menjaga otak Anda tetap fokus dan mengurangi stres.

4. Mendengarkan audio book

Jika Anda kebetulan berada di belakang kemudi, tentu Anda tak mungkin bisa membaca untuk meng-update pengetahuan serta skill. Cara terbaik, adalah dengan mendengarkan audio book. Pilih buku tentang pengembangan diri, biografi orang sukses, atau mungkin novel bahasa asing. Mendengarkan (membaca) adalah cara bagus untuk menambah pembendaharaan kata Anda. Percayalah, orang dengan rasa bahasa yang baik, cenderung membuat presentasi dengan lebih menarik.

5. Membersihkan kotak email

Saat terjebak macet, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan ponsel pintar di tangan (kami tidak bicara soal media, game atau musik). Jika Anda tidak di belakang kemudi, Anda bisa membersihkan kotak email Anda, membalas email, atau bahkan membuat daftar tugas yang bisa dituntaskan hari ini. Benar sekali, salah satu kunci sukses manajemen waktu yang baik adalah perencanaan. Buat perencanaan atau strategi bisnis saat macet jauh lebih bermanfaat ketimbang ngedumel di akun media sosial Anda.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami