Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor | Qerja

Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor

Qerja, 3 years ago
Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor

Persepsi setiap orang terhadap gosip tentu berbeda-beda. Ada yang menganggapnya tidak lebih dari sekedar sarana mencari informasi atau kegiatan sosial yang santai. Ada juga yang benar-benar tidak menyukainya. Jika Anda pernah atau sedang menjadi korban gosip, kemungkinan besar Anda tergolong di kelompok yang kedua.

Jika kehidupan dan pilihan Anda menjadi sorotan di tempat kerja, terlebih jika bernuansa negatif, bukan hanya karier Anda di tempat itu saja yang terancam hancur. Bisa juga reputasi profesional Anda, dan bahkan kehidupan di luar kantor ikut jadi taruhannya.

Walau begitu, fakta maupun fiksi, efek dan akibat dari sepotong rumor sangat bergantung dengan cara Anda merespon dan mengendalikannya sebagai korban.

Sebelum memutuskan langkah selanjutnya, Anda perlu menanyakan beberapa hal ini pada diri sendiri:
Apakah gosip ini berbahaya untuk kelangsungan karier dan reputasi Anda?
Apakah gosip ini mengganggu performa kerja Anda dan hubungan dengan kolega?
Apakah gosip ini mengganggu kehidupan pribadi Anda?

Setelah melakukan pertimbangan di atas, Anda punya beberapa pilihan respon jika mendapati diri sendiri menjadi bahan gosip di tempat kerja.

1. Bicara langsung dengan sumber

Cari tahu siapa yang pertama kali menyebarkan rumor tersebut. Kami tidak merekomendasikan agar Anda marah-marah pada si sumber gosip. Alih-alih, ajak ia bicara empat mata dengan nada ringan, tanyakan alasannya menyebar gosip tersebut, klarifikasi faktanya, dan minta dengan baik-baik agar ia berhenti menyebarkannya atau membantu Anda mengoreksi gosip yang terlanjur beredar.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next