Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor | Page 2 | Qerja

Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor

Qerja, 3 years ago
Empat Solusi Jika Anda Jadi Korban Gosip di Kantor

Seringkali penyebar gosip tidak akan menduga kalau korbannya akan konfrontasi langsung dan umumnya mereka akan merasa segan bila Anda meminta dengan sopan. Jika Anda tidak tahu pasti siapa yang menjadi sumbernya, Anda bisa mencoba…

2. Klarifikasi atau laporkan ke HR

Minta pada pihak HR untuk jadi pihak penengah yang membantu Anda mengklarifikasikan isu-isu tak sedap jika memang tidak sesuai fakta, terutama jika gosip ini membuat Anda tidak nyaman bekerja. Di beberapa perusahaan, ada peraturan implisit yang melarang komunikasi bersifat negatif antara kolega untuk mencegah konflik internal. Bahkan jika tempat Anda bekerja tidak mengatur hubungan interpersonal, gosip yang mengancam kesejahteraan dan kenyamanan Anda juga dianggap sejenis pelecehan.

Bagaimana pihak HR merespon keluhan Anda juga bisa Anda jadikan indikasi perlakuan perusahaan pada pegawainya dan kesempatan berpikir dua kali untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut.

3. Anggap angin lalu

Konon katanya diam itu emas. Anda bisa mempraktekkan kata-kata bijak ini di beberapa kasus tertentu. Jika tidak mengganggu dan terkesan hanya keisengan belaka, biarkan saja gosip kecil itu lama-lama menghilang sendiri. Anda malah berisiko membuat gosip semakin panas dan marak beredar dengan menunjukkan respon emosional atau bersikeras membantahnya.

4. Jadikan kesempatan introspeksi diri

Seabsurd apapun gosip tersebut, kadang kala di dalamnya bisa jadi tersembunyi sedikit kebenaran. Tanpa Anda sadari, mungkin ada beberapa perilaku atau pembawaan diri Anda yang kurang sesuai dengan etika atau budaya kerja. Minimal dengan beredarnya gosip ini, Anda tahu kalau ada persepsi tertentu terhadap diri Anda yang beredar di tempat kerja.

Coba pikirkan mengapa gosip ini bisa muncul dan apakah ada yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan gemanya di tempat kerja. Pertanyaannya adalah: Seberapa bersediakah Anda untuk melakukan kompromi demi kelangsungan karier di tempat tersebut?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next