Tujuh Kesalahan Umum Saat Mencari Kerja Online | Qerja

Tujuh Kesalahan Umum Saat Mencari Kerja Online

Steffi Teowira, 3 years ago
Tujuh Kesalahan Umum Saat Mencari Kerja Online

Peran internet di tengah masyarakat kini sedemikian pentingnya hingga memasuki setiap aspek hidup. Dari pemenuhan kebutuhan sehari-hari, entertainment, hingga medium untuk mengembangkan diri, sekarang rasanya sulit membayangkan hidup modern tanpa internet.

Pengaruh besar internet terhadap tren pencarian kerja terutama sangat terasa, tampak dari terus meningkatnya kunjungan ke situs penyedia lowongan kerja dari tahun ke tahun.

Menyusuri lowongan kerja di berbagai situs dan forum tanpa meninggalkan tempat duduk sudah pasti praktis. Tapi bukan berarti melamar kerja online tidak punya perangkapnya sendiri. Salah-salah, Anda menghabiskan waktu berbulan-bulan mengirimkan ratusan lowongan kerja tanpa ada hasil positif.

Agar pencarian kerja Anda efisien dan optimal, hindari sejumlah kesalahan umum ini saat mencari kerja di internet.

1. Terjebak situs dan lowongan palsu

Skema penipuan adalah satu sisi gelap dari kemudahan menggunakan internet. Mudah dan relatif rendah biaya, siapa saja bisa menciptakan dan memasang lowongan kerja di dunia maya. Biasanya jika iming-iming yang ditawarkan terkesan too good to be true, atau pihak perusahaan minta Anda membayar biaya administrasi, bisa jadi ada motif tersembunyi.

Selain harus cermat mengenali tanda-tanda lowongan kerja palsu, data pribadi dan dokumen yang Anda kirimkan saat melamar juga rawan digunakan untuk kejahatan penipuan identitas. Karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan situs pencarian kerja yang terjamin keamanannya.

2. Hanya mencari di situs tertentu

Jika Anda serius sedang butuh pekerjaan, tidak ada salahnya meperlebar jaring pencarian dengan mengeksplorasi situs atau forum terpercaya lainnya. Portal pencarian kerja besar memang memuat lowongan kerja dari berbagai industri, tapi sejumlah industri punya situs khusus untuk memasang lowongan kerja mereka dan biasanya mereka lebih spesifik.

Di Indonesia sendiri, ada lebih dari puluhan situs pencari kerja terjamin yang bisa Anda selami. Selain memperbesar peluang, setidaknya Anda tidak akan cepat putus asa melihat masih banyaknya kesempatan tersedia.

3. Mencari kerja di kantor

Yang satu ini lebih ke kesalahan yang berisiko menyebabkan Anda dipecat. Cari kerja lewat internet memang mudah; sambil bekerja di kantor pun Anda bisa melakukannya. Tapi hati-hati, jika Anda menggunakan perangkat kantor untuk melamar kerja lain, tindakan Anda ini bisa dianggap tidak etis.

Satu lagi, jangan sekali-kali menggunakan email kerja Anda untuk melamar. Selain tampak tidak profesional dan tidak loyal, Anda akan kehilangan akses terhadap alamat email ini jika Anda sudah berhenti kerja.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next