8 Keunggulan Memilih Sales Sebagai Pekerjaan Pertama

Oleh Steffi Teowira, 5 years ago

Sebagai fresh graduate, wajar jika Anda bingung memilih jalur karier selepas dari bangku kuliah.

Memegang gelar dengan spesialisasi tertentu juga bukan jaminan jalur karier yang mulus. Di tengah kebimbangan ini, coba pertimbangkan karier di sektor sales sebagai pekerjaan pertama Anda. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda raup selain gaji dan bonus menarik.

Simak alasan mengapa bekerja menjadi sales adalah salah satu pilihan pekerjaan terbaik bagi Anda yang baru menapak ke dunia karier. 

1. Lapangan kerja yang cukup luas
Setiap perusahaan pasti punya departemen sales. Fakta ini ditambah bahwa jurusan apapun yang Anda ambil saat kuliah bisa mencoba jalur karier sebagai sales. Jurusan tersebut justru bisa menjadi kelebihan Anda. Misalnya jika Anda melamar sebagai sales di perusahaan farmasi, latar belakang di dunia medis atau sains tentu akan menarik perhatian pihak perusahaan. Begitu pula dengan jurusan bahasa asing yang dibutuhkan perusahaan multinasional atau jurusan IT yang dicari perusahaan dalam industri tersebut.

2. Karier relatif stabil
Profesi ini bisa dibilang tergolong cukup stabil dan aman dari pemotongan pegawai. Di saat perusahaan sedang guncang sekalipun, anggota sales justru akan menjadi tumpuan harapan untuk meningkatkan profit dan menyelamatkan perusahaan.

3. Mengembangkan network

Anda berkesempatan bertemu dan berhubungan dengan bermacam-macam tipe individu dan para pemain industri. Seorang sales yang kompeten tentu tahu kalau interaksi dengan klien tidak sebatas menjajakan produk, tapi juga menjalin hubungan yang berdasarkan kepercayaan. Hubungan profesional ini akan menguntungkan Anda sepanjang perjalanan karier di masa depan.

4. Kompensasi sejalan dengan hasil kerja
Tidak seperti kebanyakan posisi lainnya, pegawai departemen sales umumnya dihargai dengan insentif komisi sesuai dengan hasil kerja dan target. Sederhananya, semakin giat Anda bekerja dan semakin Anda berprestasi, semakin besar pula bonus performa yang bisa Anda dapatkan. Karena Anda bisa melihat langsung buah dari kerja keras Anda, ada kepuasan tersendiri yang bisa didapatkan dari sistem kerja ini. 

5. Belajar disiplin
Dengan sistem yang telah disebutkan di poin atas, tentu Anda perlu lebih berhati-hati dengan alokasi waktu dan energi Anda di tempat kerja. Kebanyakan departemen sales di berbagai perusahaan menikmati waktu kerja fleksibel untuk mengejar dan menetapkan target, tapi hal ini bisa berbalik jadi bumerang jika Anda kurang disiplin. Ingat-ingat saja kalau Anda akan mendapat bonus jika konsisten dalam performa Anda. Bekerja di bidang ini akan mengajarkan Anda untuk jadi proaktif dan giat mengatur waktu dan strategi kerja Anda.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami