PNS: Pekerjaan Impian? | Qerja

PNS: Pekerjaan Impian?

Qerja, 4 years ago
PNS: Pekerjaan Impian?

Apa cita-cita Anda dulu? Menjadi dokter, pengusaha, atau mungkin insinyur? Dulu mau pun sekarang di tengah perjalanan karir Anda, pernahkah terlintas di benak Anda untuk menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil)? Well, kami tidak bisa menjamin Anda akan tertarik atau malah akan ilfeel dengan konsep bekerja sebagai PNS setelah membaca artikel ini.

PNS dan Kontroversi: A Complicated Love Story

Kontroversi yang mengelilingi profesi PNS sudah mulai dari sebelum individu menjabat sebagai pegawai. Citra buruk terhadap PNS pun sulit lepas setelah masuk dan terjun ke lapangan. Berikut beberapa titik kontroversi dan stereotip mengenai PNS yang sering beredar di media dan di tengah masyarakat:

  • Tes CPNS yang dipermudah melalui suap menyuap dan memanfaatkan koneksi orang dalam bisa dibilang sudah menjadi rahasia umum dan tingginya minat untuk masuk ke jajaran PNS membuka celah dalam proses perekrutan yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Beberapa media acap kali melaporkan kasus-kasus calo yang meminta bayaran dari 100 hingga 200 juta Rupiah dengan iming-iming melancarkan penerimaan bagi calon PNS.
  • Mayoritas, bila tidak semua, PNS terlibat korupsi. Mahalnya ‘tiket masuk’ ke posisi PNS bukan tidak mungkin menjadi dorongan untuk memanfaatkan peluang korupsi yang tersebar di depan mata—istilahnya balik modal, mulai dari yang kecil-kecilan semisal ‘minta uang rokok’ saat proses pembuatan surat kependudukan hingga kasus besar seperti Gayus Tambunan yang menelan uang negara di hitungan trilyun beberapa waktu lalu.
  • Kinerja kerja PNS jauh di bawah optimal. Oknum berseragam PNS yang jalan-jalan di jam kerja, sering bolos, atau lamanya waktu menunggu bagi rakyat untuk menyelesaikan urusan di kantor pemerintahan memberi kesan bahwa PNS tidak produktif dan ogah-ogahan dalam menjalankan tugasnya.

Terlalu curigaan? Mungkin. Realistis? Mungkin juga. Langka rasanya menemukan seorang warga yang tidak pernah memiliki pengalaman kurang nyaman ketika berurusan dengan PNS. Tidak berlebihan sepertinya bila berpikir kalau rakyat Indonesia kini berada di titik di mana tingkah buruk PNS seakan-akan sudah dimaklumi, mengakar, dan dianggap normal. Nobody bats an eyelid anymore. Citra PNS sebagai insan yang identik dengan korupsi, kemalasan, dan ketidakpedulian terhadap rakyat sepertinya sulit dipoles kembali.
Mimpi cita-cita Indonesia PNS pegawai negeri sipil penuh kontroversi
Namun, dari kubu defense, tidak sedikit yang memprotes pandangan yang dianggap sebagai generalisasi berlebihan tersebut. Mereka berseru bahwa tidak semua PNS adalah koruptor, bahwa gaji PNS tidak sebesar yang dibayangkan, bahwa ada saja PNS yang bekerja mati-matian, bahkan di akhir pekan dan hari libur, dan lain sebagainya. Sayangnya, seruan dari sisi ini cenderung teredam oleh komentar publik yang sedikit banyak sarat akan bias bila membahas tentang PNS.

Mimpi cita-cita Indonesia PNS pegawai negeri sipil penuh kontroversi
Dengan bertitik-titik nila yang mengancam merusak citra diri seorang individu yang berprofesi sebagai PNS, mengapa PNS tetap menjadi idola opsi karir generasi muda?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next