Enam Alasan Kenapa Jadi Bos Tidak Selalu Menyenangkan | Qerja

Enam Alasan Kenapa Jadi Bos Tidak Selalu Menyenangkan

Steffi Teowira, 3 years ago
Enam Alasan Kenapa Jadi Bos Tidak Selalu Menyenangkan

Jadi bos, atasan, manajer, CEO, atau pemimpin perusahaan sepertinya adalah impian umum semua orang. Bergelimang harta, tidak perlu bekerja sekeras pegawai biasa, tugasnya memberi perintah saja, siapa yang tak mau?

Walau begitu, Anda yang pernah dan sedang mengepalai beberapa bawahan mungkin lebih paham sisi gelap dari kepemimpinan. Tidak semuanya seindah yang ditampilkan media. Berikut beberapa alasannya.

1. Harus membuat keputusan yang tidak disukai

Menjadi atasan baik yang populer tidak mudah. Apa yang menurut Anda baik untuk perusahaan tidak selalu dipandang begitu oleh orang lain. Anda tahu kalau ada keputusan-keputusan tertentu yang memang harus diambil entah demi menyelamatkan perusahaan atau kemajuan bisnis, misalnya menghapus program bonus atau memecat pegawai.

Jujur saja, jika bisa, Anda pun tidak akan melakukannya, apalagi sering kali bawahan sulit menerima karena tidak melihatnya dari sudut pandang Anda. Tapi apa daya, meski tidak disukai, keputusan itu harus tetap berjalan.

2. Setiap keputusan Anda berpengaruh besar

Tidak hanya sulit, mengambil satu keputusan kecil saja berpotensi mengubah jalan hidup bawahan. Jika Anda mempekerjakan talenta yang salah, kurang tepat memperkirakan waktu peluncuran produk, atau kurang hati-hati dengan perencanaan budget, satu keputusan ini akan berpengaruh besar pada perusahaan dan kehidupan pegawai-pegawai Anda. Bukan tidak mungkin mereka bisa kehilangan mata pencaharian hanya karena satu kesalahan kecil Anda.

Tanggung jawab untuk selalu membuat keputusan yang benar ini bisa menambah tekanan Anda untuk selalu sempurna.

3. Tindakan dan langkah Anda selalu diawasi

Begitu besarnya imbas keputusan dan langkah yang Anda ambil sampai-sampai Anda harus selalu berhati-hati begitu Anda memegang posisi pemimpin. Kadang kala, Anda pun harus memperhatikan batasan pertemanan di kantor agar tidak dicurigai pilih kasih.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next