Persiapan Sebelum Cuti Melahirkan | Qerja

Persiapan Sebelum Cuti Melahirkan

Eka Utami, 3 years ago
Persiapan Sebelum Cuti Melahirkan

Pegawai wanita yang sedang hamil harus memersiapkan banyak hal. Mereka tidak hanya berpikir untuk ikut kelas yoga prenatal menjelang hari kelahiran. Namun, mereka juga harus mengatur segala urusan kantor yang akan ditinggalkan selama beberapa bulan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan sebelum cuti melahirkan seperti disarikan dari Monster.com.

Diskusi dengan atasan

Berita kehamilan membawa kebahagiaan buat pegawai wanita dan pasangannya. Namun, kabar kehamilan seorang pegawai bisa ditanggapi lain oleh atasan. Ketika mendapati salah seorang  staf terbaik akan “pergi” selama beberapa bulan, bos Anda harus memikirkan cara mengatur pengalihan beban kerja. Jadi, saat Anda mendapat kabar kehamilan, sebaiknya segera memberi tahu kepada atasan.

Anda bisa kembali mengangkat masalah ini sebulan sebelum cuti. Anda bisa meminta waktu untuk berdiskusi dengan atasan. Pembicaraan seputar progress pekerjaan. Selain itu, bos juga akan mengangkat isu tentan penunjukkan orang yang akan menggantikan Anda. Sebagian perusahaan punya kebijakan untuk memekerjakan karyawan kontrak saat ada seorang pegawai yang harus cuti melahirkan. Bahkan beberapa manajer meminta pegawai yang akan cuti mengajukan calon pengganti. Namun, ada pula manajer yang langsung membagikan beban kerja Anda kepada pegawai lain.

Memelajari kebijakan perusahaan

Sebenarnya, Anda sudah pernah diberi tahu tentang kebijakan perusahaan soal cuti melahirkan. Tapi, Anda tidak akan benar-benar memahami peraturan tersebut sampai saat mengalaminya sendiri. Jadi, ketika mengetahui kondisi tubuh yang sedang berbadan dua, sebaiknya Anda bicara dengan seseorang  dari divisi sumber daya manusia. Mereka bisa menjelaskan aturan cuti melahirkan dengan lebih spesifik. Berapa lama cuti yang Anda jalankan? Berapa banyak penghasilan yang bisa Anda dapatkan selama cuti? Anda harus fokus memerhatikan setiap perkataan orang HRD. Kalau perlu, Anda mencatat semua hal yang dijabarkan olehnya.

Menulis catatan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next