5 Orang Terkaya Indonesia dari Industri Rokok | Qerja

Lima Orang Terkaya Indonesia dari Industri Rokok

Qerja, 4 years ago
Lima Orang Terkaya Indonesia dari Industri Rokok

Indonesia sepertinya punya hubungan cinta-benci dengan industri rokok. Di satu sisi, ia menyumbang devisa luar biasa besar pada negara. Di sisi lain, efek negatifnya terhadap kesehatan telah tercatat dan dirasakan langsung oleh berbagai lapisan masyarakat.

Walau demikian, di tengah kontroversi ini, sulit dipungkiri bahwa industri rokok adalah salah satu industri paling menguntungkan yang mampu mengantarkan beberapa pemain industri ini menjadi orang-orang terkaya di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Siapa saja mereka?

1. Budi Hartono dan Michael Hartono


Duo saudara Michael Hartono dan Budi Hartono telah menduduki posisi nomor satu orang terkaya di Indonesia dan salah satu keluarga terkaya di Asia selama beberapa tahun. Dari kepemilikan Djarum dan saham mayoritas Bank Central Asia, nilai kekayaan mereka pun menembus nominal milyaran dolar, tepatnya $15.4 milyar.

2. Susilo Wonowidjojo

Di tengah peliknya ekonomi Indonesia yang mempengaruhi berbagai industri, Susilo Wonowidjojo dan Gudang Garam tetap menjadi langganan daftar individu terkaya di Indonesia versi Forbes. Kekayaan sebesar $5.5 milyar memang berasal dari produksi rokok, namun Susilo Wonowidjojo juga memegang beberapa usaha di perusahaan minyak dan kepala sawit.

3. Putera Sampoerna


Satu dekade silam, Putra Sampoerna menjual 40% sahamnya di perusahaan rokok HM Sampoerna pada Philip Morris dengan nilai spektakuler. Didaulat sebagai orang terkaya nomor 14 di daftar Forbes Indonesia pada tahun 2015 silam, kini sumber kekayaan Putra Sampoerna sejumlah $1.6 milyar dolar datang dari berbagai industri, dari agrikultur hingga telco, dan berada di bawah naungan Sampoerna Strategic Group.

4. Stefanus JJ Batihalim


Presdir Nojorono Tobacco International yang memproduksi rokok dengan merek dagang Djinggo dan Clas Mild ini bersama dengan direksi Arifin Pamudji dan Harsono Djuhadi tercatat sebagai salah satu individu terkaya di Indonesia oleh GlobeAsia pada tahun 2011. Total kekayaan sejumlah $113 juta pun menempatkannya di posisi 107 dalam daftar tersebut.

Sumber:

Forbes.com
GlobeAsia



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next