Agar Atasan Memberi Izin Kerja dari Rumah | Qerja

Agar Atasan Memberi Izin Kerja dari Rumah

Eka Utami, 3 years ago
Agar Atasan Memberi Izin Kerja dari Rumah

Kalau boleh memilih, Anda ingin sekali bisa kerja dengan jadwal yang fleksibel. Sehingga Anda bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Anda akan fokus bekerja di saat-saat paling produktif. Anda juga boleh bertemu keluarga dan kerabat di sela waktu kerja. Namun, Anda tidak selalu mendapatkan segala yang diinginkan. Anda masih terjebak di kantor yang memberlakukan jam kerja 9-to-5.

Belakangan beberapa perusahaan sudah mulai mengubah kebijakan. Manajemen kantor mengizinkan pegawai kerja dari rumah sekali dalam sepekan –atau tergantung pada kebutuhan-. Jadi, jika suatu hari pengasuh anak tidak datang, kedatangan tukang untuk memerbaiki atap, atau terpaksa harus mengurus sesuatu di bank, Anda tidak perlu mengambil cuti. Hanya perlu izin untuk bekerja dari luar kantor.

Tapi, kenyataannya tidak semanis itu. Walau aturan perusahaan membolehkan pegawai kerja dari rumah, namun hal itu tergantung keputusan manajer. Kalau manajer merasa pegawai harus ada di kantor karena ada tugas mendadak, maka izin kerja dari rumah tidak akan diberikan. Atau, pada hari lain, manajer memberi izin kepada pegawai untuk bekerja dari rumah semata-mata karena mematuhi peraturan perusahaan. Namun, dia tidak tenang. Dia menelepon setiap jam untuk memastikan Anda benar-benar bekerja di rumah. Berikut cara agar manajer ikhlas memberi izin kerja dari rumah kepada Anda seperti disarikan dari Themuse.com.

Hargai kesempatan kerja dari rumah

Apakah produktivitas Anda menurun saat bekerja dari rumah? Bisa jadi. Sebab mungkin Anda menggunakan sebagian waktu untuk mengawasi anak-anak atau tukang yang memerbaiki atap. Pada Anda tidak bisa merampungkan tugas-tugas yang harusnya sudah selesai hari itu.

Seharusnya, kinerja Anda tidak mengalami penurunan. Saat bekerja dari rumah, Anda bisa menghindari gangguan yang mungkin terjadi di kantor seperti obrolan rekan kerja atau permintaan meeting. Apalagi, Anda tidak harus menghabiskan waktu untuk menghadapi jalanan yang macet.

Hargai waktu Anda saat bekerja dari rumah. Pada saat merasa sangat produktif, Anda harus masuk ke ruang kerja dan fokus pada tugas-tugas. Sebagian orang bahkan selalu memberi laporan pada bos setiap kali menyelesaikan pekerjaan. Sehingga atasan tahu bahwa Anda benar-benar bekerja di rumah. Selain itu, Anda juga bisa memberi tahu atasan kalau harus meninggalkan laptop untuk makan siang atau melakukan urusan lainnya. Bos akan paham dan tidak akan mengganggu waktu pribadi Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next