Lima Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan | Qerja

Lima Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan

Steffi Teowira, 3 years ago
Lima Pertimbangan Memilih Asuransi Kesehatan

Sedia payung sebelum hujan, kira-kira begitulah konsep perlindungan yang ditawarkan asuransi kesehatan. Bukan apa-apa, tapi tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, jadi tidak ada salahnya bersiap-siap, bukan?

Di banyak perusahaan, asuransi kesehatan biasa telah disediakan oleh perusahaan, misalnya BPJS. Namun asuransi yang disediakan perusahaan hanya menanggung beberapa jenis penyakit saja dan kadang lingkup pembayarannya cukup terbatas.

Kini dengan tersedianya informasi lengkap di dunia maya, Anda bisa melakukan pengecekan dan perbandingan sendiri untuk mendapat pilihan terbaik. Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja dan gunakan pertimbangan di bawah ini sebagai pedoman Anda memilih.

1. Lingkup kebutuhan

Anda lebih paham sendiri riwayat kesehatan dan gaya hidup Anda, karenanya, pilihlah asuransi yang melingkupi penyakit-penyakit yang rawan Anda derita. Jangan lupa untuk mempertimbangkan pula sejumlah penyakit berbasis gender.

2. Kemudahan klaim

Ada dua jenis utama metode klaim asuransi. Yang pertama, Anda membayar uang tunai dahulu untuk perawatan yang Anda jalani. Setelah itu, baru membawa bukti pembayaran kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan penggantian. Ini yang disebut sistem reimburse.

Yang kedua, membayar dengan menggunakan kartu khusus yang diberikan perusahaan asuransi di rumah sakit terpilih. Sistem cashless ini memang lebih praktis karena Anda tidak perlu membayar sendiri terlebih dulu.

3. Rumah sakit yang bekerja sama

Sebelum memilih, perhatikan juga rumah sakit mana saja yang  menerima klaim dari perusahaan asuransi Anda. Baiknya Anda memilih asuransi dengan jaringan partner rumah sakit yang cukup banyak atau rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Pastikan juga kalau rumah sakit partner asuransi menawarkan perawatan lengkap yang Anda butuhkan.

4. Premi sesuai kemampuan

Semakin lengkap perlindungan yang dicakup dalam asuransi, tentu semakin tinggi pula premi yang harus Anda bayar. Tidak ada salahnya ingin perlindungan komplit, tapi sesuaikan dengan kemampuan. Sederhananya, yang penting Anda mampu menyisihkan dana cadangan setidaknya sebesar 10 hingga 15 persen untuk biaya premi asuransi.

5. Kredibilitas perusahaan asuransi

Banyaknya tawaran menarik yang datang dari agen asuransi mudah membuat Anda bingung. Tapi jangan serta merta tergiur tawaran asuransi untuk jenis perawatan lengkap dengan premi murah. Sebelum komit pada satu perusahaan, lakukan riset Anda dan hanya pilih perusahaan asuransi yang terdaftar di OJK.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next