Cara Membangun Kepercayaan Kembali di Kantor | Qerja

Cara Membangun Kepercayaan Kembali di Kantor

Eka Utami, 3 years ago
Cara Membangun Kepercayaan Kembali di Kantor

Kepercayaan dari atasan dan rekan kerja adalah salah satu modal kesuksesan Anda di perusahaan. Ketika Anda selalu bisa mengerjakan tugas dengan baik, maka Anda akan selalu menjadi pilihan utama untuk memegang proyek penting. Namun, sekali saja mengingkari, maka hancurlah reputasi. Apalagi, jika Anda merusak kepercayaan dengan dusta yang disengaja. Saat atasan dan rekan kerja tidak percaya lagi, maka karier Anda akan terpuruk. Tapi, Anda punya kesempatan untuk memerbaiki diri. Berikut cara membangun kepercayaan di kantor setelah Anda membuat kesalahan seperti dikutip dari Thebalance.com.

Minta maaf setelah berbohong

Ada dua jenis kebohongan yang mungkin dilakukan di tempat kerja. Pertama ketika Anda mengatakan hal yang bertolak belakang dengan kenyataan. Kedua, saat Anda mengatakan sebagian fakta dan menyembunyikan informasi yang tidak baik di hadapan atasan dan rekan kerja.

Jika Anda pernah berbohong, maka segera akui kesalahan. Anda harus segera meminta maaf dengan jujur, tulus, dan menunjukkan rasa bersalah. Kalau Anda ingin mengungkapkan alasan berbohong, maka pikirkan sekali lagi. Sebab, alasan itu bisa terdengar seperti pembenaran atas tindakan Anda.

Tujuan permintaan maaf Anda adalah untu memerbaiki kerusakan dari tindakan yang diperbuat. Apalagi, jika Anda tidak sadar dan belum minta maaf, maka kebohongan pertama akan diikuti kebohongan berikutnya. Hal yang paling parah apabila rekan kerja atau atasan akhirnya mengetahui kebohongan Anda. Sebab, mereka bisa saja menemukan fakta lain di belakang Anda. Mereka juga bisa melihat gelagat bicara seorang pembohong yang tidak bisa konsisten.

Jadi, untuk membangun kepercayaan di tempat kerja setelah Anda berbohong adalah dengan cara meminta maaf dengan tulus. Mungkin atasan dan rekan kerja membutuhkan waktu untuk menyembuhkan luka setelah dikhianati. Tapi, yakinlah, jika Anda tidak mengulangi kesalahan, maka mereka akan memercayai Anda kembali.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next