Ask the Expert: Bos Sering Menyalahkan Staf | Qerja

Ask the Expert: Bos Sering Menyalahkan Staf

Steffi Teowira, 2 years ago
Ask the Expert: Bos Sering Menyalahkan Staf

“Di awal pekerjaan, saya menyenangi bos saya karena suka memberi kritikan dan mendukung penuh. Tapi ketika pengumuman lelang tender dan perusahaan saya tidak berhasil menjadi pemenang, bos menyalahkan saya dan menyuruh saya mencari kembali tender lain. Ternyata pemenang tender tidak bisa menjalankan project dengan baik dan perusahaan kami berhak melanjutkan.

Bos saya tidak meminta maaf karena menuduh saya penyebabnya dan setiap ada masalah, selalu dibuat seakan saya seperti troublemaker. Saya merasa muak dan meng-email bos untuk perlakuannya yang suka menyalahkan anak buah, tapi sepertinya ia tidak sadar. Saya merasa ingin mencari pekerjaan baru. Mohon advise-nya apa tindakan saya yang perlu diperbaiki.” – Aryo


 

Hai Aryo,

Dalam situasi ini, perlu dipertimbangkan beberapa faktor.

qc-jkt-2019

Pertama, perlakuan bos kepada pegawai lain: apakah biasanya bos kamu cukup objektif dalam menilai hasil kerja pegawai lain? Kedua, persepsimu sendiri: mungkinkah kamu agak sensitif dan menganggap kritiknya sebagai serangan personal? Bisa jadi ini memang kebiasaan buruk bos, tapi bisa jadi juga kamu menanggapinya terlalu personal dan kamu memang melakukan kesalahan di mata beliau. Ingat, ada dua perspektif di sini, pandanganmu dan pandangan bos.

Intinya, kalau kamu masih menikmati pekerjaanmu dan hanya bermasalah di bagian komunikasi dengan bos, gunakan kesempatan ini untuk bertumbuh secara pribadi maupun profesional. Menuduh beliau hanya akan menciptakan kesenjangan lebih dalam antara kalian berdua. Coba perbaiki jalinan komunikasi, misalnya meminta saran pada bos bagaimana agar kamu bisa berkontribusi lebih baik sehingga berhasil memenangkan tender lain kali.

Kalau pun kamu ingin keluar, idealnya kamu keluar dengan membawa prestasi dan dalam kondisi hubungan baik dengan bos. Berusaha dulu sebaik mungkin. Sayang sekali jika pengalamanmu di perusahaan ini berakhir karena persoalan ini.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next