Kelly Tandiono: Meniti Karier Menjadi Top Model Internasional | Qerja

Kelly Tandiono: Meniti Karier Menjadi Top Model Internasional

Qerja, 3 years ago
Kelly Tandiono: Meniti Karier Menjadi Top Model Internasional
Jika bicara mengenai dunia permodelan Indonesia saat ini, nama Kelly tandiono pasti akan masuk di jajaran teratas. Bukan hanya model di catwalk, dia adalah mentor dan juri di kontes model Asia’s Next Top Model 4, dan juga aktris yang bermain di film layar lebar.
 
Untuk Qerja, wanita yang pernah bergabung dalam agensi model Internasional ‘Next Model Management’ ini akan berbagi pengalaman hidup dan bagaimana caranya meraih mimpi menjadi model profesional.
 
Bagaimana perjalanan kariermu dimulai?
Saya ditawari menjadi model di umur 14 tahun. Saat itu orang tua saya tidak terlalu mendukung, karena saya masih sangat muda. Barulah setelah saya kuliah di jurusan International Hospitality Management di Singapura saat berumur 18 tahun, saya mulai mendalami profesi sebagai model. Saat itulah saya jadi model di sebuah agensi meskipun sebelumnya beberapa kali jadi model part time juga.
 
Awalnya saya cuma mau dapat uang jajan tambahan, jadi saya coba datang saja ke agensi. Saya memang menyukai dunia modelling, tapi saat itu saya belum punya pikiran untuk menjadikan model sebagai karier. Saat saya mendapatkan bayaran pertama saya, baru saya mulai berpikir bahwa saya ternyata cukup berbakat dalam hal ini.

 
Seberapa sulit untuk ada di posisi kamu saat ini?
Perlu kerja keras pastinya. Saya merasa beruntung karena saya juga masih muda saat memulai karier. Tapi tentu saya juga harus bersaing dengan ratusan model lainnya dalam casting. Saya selalu berusaha untuk menampilkan yang terbaik di manapun baik itu modelling, acting, catwalk atau apapun.
 
Walaupun dalam perjalanan hidup pasti kita akan menemui kegagalan namun karena pada dasarnya saya adalah orang yang mudah untuk melihat hal positif dalam setiap kejadian. Jadi saya tidak terlalu ambil pusing ketika saya mengalami kegagalan. Saya berusaha melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.
 
Bagaimana kamu bisa menjadi Kelly Tandiono yang sekarang?
Hard work, knowing your strength, confident and be happy on what you’re doing.
 
Pencapaian terbesarmu?
Hal paling membahagiakan yang saya alami selama menjadi model adalah terpilih menjadi mentor di Asia’s Next Top Model. Saya merasa usaha saya selama ini dihargai dan diakui. Sebenarnya menjadi Asia’s next top model bukan hal yang mudah, ada banyak sekali kandidat dan mereka berasal dari berbagai macam Negara. Tapi saya senang karena saya bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman saya di dunia modelling.

 
  

 
Ceritakan tentang masa kecilmu.
Saya lahir di Singapura dan besar di Indonesia. Pada umur 14 tahun saya pindah ke Singapura kemudian sekolah di Australia. Masa kecil adalah masa yang paling bahagia buat saya. Saya banyak menghabiskan waktu dengan keluarga, kami sering travelling ke berbagai tempat di dunia bersama-sama. Sejak kecil saya memang sangat tomboy, kurang lebih sama seperti sekarang.
 
Siapa yang menjadi role model kamu?
Role model saya adalah Mama, karena dia adalah orang yang membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Dia juga yang mengajarkan saya untuk menabung, yang bagi saya sangat sulit diawalnya. Money is not easy to earn but easy to spend, jadi berapapun yang kamu hasilkan, simpan setengahnya terlebih dahulu. Sisanya bisa kamu belanjakan sesukanya.
 
Apa cita-citamu sewaktu kecil?
Sebenarnya, saya tidak pernah bermimpi jadi model atau aktris. Karena dulu saya suka jalan-jalan keliling dunia, inginnya sih jadi pramugari biar bisa jalan-jalan kemana-mana.

 
Bagaimana kamu memulai hari?
Saya biasa berolahraga di pagi hari, entah itu bersepeda, lari atau berenang. Saya bangun jam 4 atau 4.30 kemudian keluar rumah jam 5 dan mulai olahraga jam 5.30. Saya selesai sekitar jam 7.30. Setelah itu baru saya siap-siap untuk pekerjaan hari itu. Jika sore hari pekerjaan saya sudah selesai saya biasanya berenang. I’m very sporty.
 
Apa kesalahan terbesar yang pernah kamu lakukan sepanjang karier?
Saya pernah punya kontrak besar, itu adalah kampanye yang akan ditampilkan se-Asia. I was young and stupid at that time. Ketika saya harus ketemu klien, saya datang terlambat dengan rambut berantakan, so I lost the contract. Itu adalah hal yang tidak akan pernah mau saya ulangi lagi. Jika ada hal yang saya pelajari dari hal tersebut adalah tepat waktu dan selalu berpenampilan baik.
 
Setelah modelling, apa yang akan kamu lakukan?
Karena saya memang sudah di usia dimana saya harus memikirkan karier lain selain modelling, saya berpikir untuk terus melanjutkan acting dan saat ini saya sedang mencoba membangun bisnis bersama dengan teman saya.
 
Lebih suka akting atau modelling?
Saya suka dua-duanya, namun karena saya sudah menjalani karir sebagai model untuk waktu yang lama, 13 tahun, jadi saat ini saya merasa lebih tertantang di akting.
 
Apakah kamu pernah belajar akting?
Sampai saat ini saya belajar dari pengalaman, namun baru-baru ini saya bergabung di sebuah komunitas. Mereka punya kelas, jadi saya bersama dengan aktor lainnya belajar bersama-sama dan biasanya 2 bulan sekali kita mengadakan pementasan kecil.
 
Apa perbedaan yang paling besar antara modelling di Indonesia dan di luar negeri?
Perbedaan yang paling besar adalah di luar mereka lebih menghargai waktu. Di Indonesia saya pernah harus menunggu untuk shooting selama 12 jam, dan saya masih harus menunggu lagi beberapa jam. Saya orang yang sangat menghargai waktu jadi saya memutuskan untuk pulang karena saya tidak bisa memberikan yang terbaik ketika saya sudah lelah.
 
Sebagai seorang public figure, bagaimana cara kamu menyeimbangkan tubuh, pikiran, dan jiwa?
Bagi saya, melalui olahraga dan makanan yang seimbang serta menjaga jam tidur yang cukup. Jika bisa, saya berusaha tidur 8 jam sehari, walaupun seringnya saya tidur 5 jam sehari. Saya pikir dengan merawat diri kita, aura disekeliling kita juga akan semakin lebih baik.
 
Siapa idolamu?
Angelina Jolie. Saya merasa apapun yang dia lakukan itu effortless. Dia tidak perlu berusaha terlalu banyak untuk tampil cantik. Hanya dengan gaun simple atau celana kulit hitam dia sudah terlihat luar biasa. Dan dia bisa memainkan berbagai macam peran, dari politisi sampai bad girl. She’s versatile. Itu sebabnya saya ingin sekali menjadi seperti dia.
 
Jika kamu bisa memiliki superpower, apa kekuatan yang kamu inginkan?
Membaca pikiran. Karena saya orangnya kepo. 
 
Jika kamu bisa mengubah sesuatu di masa lalu, apa yang ingin kamu ubah?
Menghabiskan waktu lebih banyak dengan kakek saya. Sejak kecil saya selalu menjadi cucu kesayangan kakek, ketika ia ingin jalan-jalan di taman saya selalu menjadi orang pertama yang diajak. Tapi seringnya saya menolak. Dan di hari kematiannya saya sangat menyesal.
 
Punya rekomendasi buku/film/aplikasi handphone? 
Kalau film Indonesia Love and Faith, My Stupid Boss, Negeri Tanpa Telinga. Untuk aplikasi sih saya sering pakai Instagram dan seven minutes work out.
 
Nama lengkap: Kelly Tandiono
Tempat tanggal lahir: Singapura, 28 Oktober 1986
Film: Loe Gue End (2012)
Negeri Tanpa Telinga (2014)
Street Society (2014)
The Night Comes For Us (2015)



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next