Pagi Qerja, Malam Nge-game: Keuntungan Jadi Pemain Game | Qerja

Pagi Qerja, Malam Nge-game: Keuntungan Jadi Pemain Game

Qerja, 4 years ago
Pagi Qerja, Malam Nge-game: Keuntungan Jadi Pemain Game

Hobi bermain video game umumnya bukanlah sesuatu yang dianggap sebagai kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang, bahkan di kalangan gamers sendiri. Salahkan ini pada stereotip yang beredar bahwa gamers adalah individu yang kekanak-kanakan dan malas. Namun bagaimana jika ternyata ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa bermain video game malah meningkatkan kemampuan otak Anda?

Sejumlah gamers amatir dan ahli ikut bagian dari sebuah studi mengenai efek video game terhadap otak yang dipublikasikan tahun lalu. Dalam eksperimen ini, ketika bagian insular cortex otak dari gamers ahli dipindai dengan MRI, para ilmuwan menemukan peningkatan di materi otak, konsentrasi dan sensorimotor. Mekanisme refleks gamers ahli juga terlatih dengan baik.

Penelitian ini bukanlah yang pertama terkait efek bermain video game, terutama video game action, terhadap perkembangan kemampuan kognitif dan motorik tubuh manusia.

Di studi terpisah, ilmuwan lain menemukan bahwa saat bermain video game berbasis action, para gamers dihadapkan dengan skenario kompleks yang menuntut mereka untuk segera menganalisa informasi dan mengambil keputusan dengan cepat. Aspek visual dan audio action game yang rumit pun menstimulasi otak mereka untuk mempertajam fokus. 

Singkat kata, dari hasil penelitian ini, ada indikasi bahwa gamers memiliki konsentrasi lebih tajam dan lebih cepat menyerap informasi dan keahlian baru dibanding mereka yang tidak bermain game.

Nah setelah membaca beberapa keuntungan jadi pemain game, Anda tidak perlu merasa bersalah lagi untuk bermain game. Kami di Qerja berkerjasama dengan MOL dalam program “Pagi Qerja, Malam Nge-game”. Kami akan membagikan powerbank Xiaomi dan MOLPoints untuk kamu yang beruntung.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next