Tips Perjalanan Bisnis Bersama Bos | Qerja

Tips Perjalanan Bisnis Bersama Bos

Eka Utami, 4 years ago
Tips Perjalanan Bisnis Bersama Bos

Ketika mendapat tugas dinas luar kota bersama atasan, maka Anda bisa jadi salah tingkah. Ada saja kesalahan kecil yang dilakukan saat duduk berdampingan di pesawat. Anda merasa gugup dan canggung. Anda takut kelalaian kecil bisa menghambat jenjang karier di perusahaan.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian tidak enak saat melakukan perjalanan bisnis bersama bos. Tapi, lain kali jangan diulangi. Ingatlah bahwa Anda dipilih untuk ikut dalam perjalanan dinas karena diharapkan menjadi bagian dari solusi. Atasan ingin bisa mengandalkan Anda. Dia berharap Anda menjadi perwakilan perusahaan yang baik. Berikut tips melakukan perjalanan dinas bersama bos seperti disarikan dari Huffingtonpost.com.

Selalu ingat posisi Anda dan atasan. Agar tidak canggung selama perjalanan, Anda mencoba memecah kebisuan. Anda mengajak atasan mengobrol selama di perjalanan agar semakin akrab. Tapi, jangan sampai Anda keasyikan dalam pembicaraan dan mulai menceritakan masalah-masalah dan hal-hal pribadi yang tidak selayaknya. Jadilah pribadi yang menyenagkan untuk diajak berdiskusi, tapi jangan pernah mengumbar aib sendiri.

Datang lebih awal. Jangan datang terlambat saat janjian dengan atasan. Baik itu pertemuan di bandara, restoran atau lobi hotel. Datanglah 10 menit lebih awal. Jangan sampai menampilkan wajah kusut atau lelah. Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan teratur di satu tempat. Atur bagasi Anda dengan rapi. Jangan terlihat terburu-buru seolah-olah Anda baru tiba.

Jangan bersikap tidak sopan kepada pegawai penerbangan, porter hotel, bahkan pelayan restoran. Hargai setiap pegawai yang melayani Anda di pesawat dan membantu mengangkat barang. Berikan tip yang pantas. Jika sampai berperilaku tidak sopan, atasan akan mempertanyakan sikap Anda terhadap pelanggan atau klien yang tidak dikenal.

Jangan meminta perlakuan khusus. Ketika menghadiri acara makan malam bersama, ikuti saja menu yang tersedia, walaupun tidak sesuai dengan selera Anda. Jangan meminta menu macam-macam pada koki. Misalnya, meminta saus dengan krim, atau meminta makanan bebas gula –kecuali Anda menderita diabetes-. Anda juga tidak perlu mengungkapkan keluhan pelayanan kamar di hadapan bos.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next